Aku Ditertawakan Saat Mencampur Sabun dengan Sprite, Pas Tahu Manfaat Fantastisnya Langsung Pada Ngikutin

Sabun adalah salah satu barang yang tidak pernah terlepas dalam kehidupan kita sehari-hari. Sabun biasa kita gunakan untuk mencuci muka atau mandi. Namun, siapa sangka ternyata masih ada kegunaan lain dari sabun yang belum banyak orang ketahui!

Sponsored Ad

Apa itu? Mari kita simak bersama-sama…

Sabun yang paling sering digunakan adalah sabun jenis batang atau yang biasa disebut sabun batangan. Bagi beberapa orang mungkin sabun batang sudah terbilang kuno dan kurang praktis, namun sabun batang punya banyak keunggulan.

Sponsored Ad

Penggunaan sabun batang dengan cara menggosokkannya pada kulit sebenarnya lebih efektif untuk mengangkat kotoran. Namun, kebanyakan orang mengira bahwa sabun batangan adalah sarang bakteri, apalagi setelah jatuh ke lantai. Sebenarnya bakteri jahat tidak akan menempel di kulit dan akan hilang saat sabun dibilas di bawah air mengalir sebelum digunakan lagi.

Selain itu, sabun batang biasanya dibungkus dengan kemasan kertas, sehingga jauh ramah lingkungan dibandingkan sabun jenis lain yang menggunakan botol plastik sebagai kemasannya. Bahan-bahan di dalam sabun batangan pun jauh lebih ramah lingkungan, sehingga limbah detergen akan jauh lebih aman dibandingkan sabun jenis lain yang punya kandungan SLS. SLS sendiri adalah bahan kimia yang memiliki dampak racun yang potensial terhadap lingkungan karena tidak sepenuhnya organik.

Sponsored Ad

Sabun batangan sendiri biasanya memang hanya digunakan untuk mandi. Tapi ternyata tidak demikian. Sabun batangan pun bisa digunakan sebagai pengharum lemari atau laci, membuat kacamata bebas embun dan juga bisa meredakan gatal karena gigitan serangga. Lalu, ada satu hal lagi manfaat dari sabun yang belum diketahui banyak orang.

Sponsored Ad

Pertama-tama siapkan satu buah sabun batangan dan cutter. Lalu, iris-iris sabun batangan menggunakan cutter. Setelah itu, tambahkan kira-kira setengah botol Sprite dan sedikit air, lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan agar irisan sabun sudah larut sepenuhnya dan tercampur rata.

Sponsored Ad

Setelah tercampur rata, tuangkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke tempat-tempat atau barang yang sulit untuk dibersihkan. Sepertinya misalnya keran air, kaca jendela, cermin dan barang-barang rumah tangga lainnya. Cukup semprotkan saja dan lap menggunakan kain bersih, dan semua peralatan rumah tangga pun jadi bersih dan kinclong!

Selamat mencoba di rumah!!!


Sumber: Eathealth

Kamu Mungkin Suka