Gak Perlu Beli, Kamu Bisa Menanam Lemon Sendiri di Rumah, Ternyata Ini Triknya Supaya Cepat Subur dan Berbuah Lebat!

Setelah memakan buah, pasti kebanyakan dari kita akan langsung membuang bijinya ke tong sampah. Padahal, dari biji itulah kita bisa ‘menumbuhkan’ kembali buah-buahan yang lezat itu. Daripada selalu beli mahal-mahal atau membeli buah yang terkena banyak zat kimia, mengapa tidak mencoba menanamnya sendiri di rumah? Hasilnya bisa dikonsumsi sendiri dan bisa menjadi peluang bisnis juga loh!

Sponsored Ad

Seperti yang kita tahu, lemon adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan sangat berguna untuk kesehatan. Selain itu, lemon pun sangat berguna untuk kecantikan dan pembersih noda membandel di dapur. Namun, bisa dikatakan harga jeruk lemon relatif tinggi dibanding jeruk lainnya. Maka dari itu, kali ini akan dibagikan bagaimana caranya menanam lemon sendiri. Berikut ini langkah-langkah menanam lemon yang benar:

1. Potong bagian ujung lemon, lalu potong lemon menjadi 2 bagian hingga terlihat bagian bijinya.

Sponsored Ad

2. Keluarkan biji-biji lemon dan keringkan menggunakan tisu.

3. Jika diperhatikan dengan baik, biji lemon memiliki lapisan kulit tipis berwarna kekuningan. Secara perlahan dan hati-hati kupas lapisan kulit tersebut.

Sponsored Ad

4. Siapkan setumpuk tisu dan semprotkan air di atasnya. Lalu, letakkan biji lemon di daerah yang terkena semprotan air, dan lipat tisu sehingga menutupi biji lemon. Terakhir, semprotkan kembali sejumlah air dan masukkan ke dalam plastik yang tertutup rapat.

Sponsored Ad

5. Simpan di tempat yang suhunya tinggi dan lembab, dan diamkan selama kurang lebih 10 hari.

6. Setelah biji mulai berkecambah, siapkan pot atau botol berisi penuh tanah gambut dan perlite (campuran media tanam yang berfungsi untuk menyimpan nutrisi makanan pada tanaman).

7. Jangan lupa buat beberapa lubang di bagian bawah pot atau botol, lalu gunakan tusuk gigi untuk membuat lubang pada tanah untuk menanam bibit lemon.

Sponsored Ad

8. Saat menanam bibit, pastikan bagian kecambah menghadap ke arah bawah, sedangkan bagian biji menyembul ke luar, tidak tertutup tanah.

9. Setelah selesai ditanam, siram dengan sejumlah air.

10. Lemon membutuhkan banyak cahaya, entah itu sinar matahari atau buatan, terutama saat tumbuh, karena membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 14 jam setiap hari. Maka dari itu, letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari. Pastikan juga untuk menjaga tanah tetap lembab. Umumnya, menyiram sekali atau dua kali seminggu bekerja dengan baik, namun mungkin perlu menyesuaikannya tergantung pada waktu dan cuaca.

Sponsored Ad

11. Setelah lewat 4 bulan, bibit akan mulai berdaun dan jika merasa tempat terlalu kecil, bisa pindahkan ke pot yang lebih besar.

Sponsored Ad

12. Untuk membantu pertumbuhan lebih segar, sehat dan cepat, setidaknya gunakan pupuk kompos 2 kali atau lebih dalam setahun.

Memang, sekiranya dibutuhkan 3-5 tahun agar pohon lemon menghasilkan buah yang segar, namun akan sangat menyenangkan apabila kamu mempunyai pohon lemon sendiri di rumah. Menanam lemon di pekarangan rumah sendiri akan membuat lemon bebas dari pestisida dan bahan berbahaya lainnya. Pundi-pundi penghasilan dengan menanam lemon organik pun bisa didapatkan.

Sponsored Ad

Selain itu, tampilan pohon lemon juga sangat cantik dan bisa menambah keindahan dari rumah. Saat lemon belum berbuah, akan muncul bunga-bunga putih dan daun yang bersinar di tengah teriknya matahari. Sangat indah!!! Jadi, tertarik untuk membudidayakan lemon sendiri???


Credit: Youtube