Jangan Cuma Dicuci! Cobek Baru Beli Harusnya Dibersihkan Seperti Ini Supaya Gak Berpasir

Setiap dapur membutuhkan alat untuk menghaluskan bumbu. Para ibu zaman dulu pasti akan menggunakan cobek untuk menghaluskan bumbu, tapi sekarang banyak yang beralih kepada blender.

Sponsored Ad

Hanya sedikit yang masih bertahan dengan cobek karena beberapa dari mereka yakin bumbu yang dihaluskan dengan cobek akan memberi rasa yang lebih nikmat daripada menggunakan blender. Namun bagi beberapa ibu yang masih mengandalkan cobek untuk menyiapkan bumbu kadang kesulitan menemukan cobek batu yang asli.

Sponsored Ad

Saat menggunakan cobek yang bukan terbuat dari batu kadang terdapat pasir-pasir halus. Sebenarnya pasir tersebut dapat dihilangkan dengan mudah lho! Jadi jangan kesal lagi. Saat membeli cobek, janganlah langsung menggunakannya tapi bersihkan dulu.

Sponsored Ad

Lho, iya pastinya dong.’ Iya, pasti cobek akan kamu cuci bersih dulu, tapi membersihkan di sini bukan berarti hanya mencuci saja. Cara membersihkan cobek yang baru dibeli dengan tepat adalah dengan merendam cobek selama minimal 15 hari. Jangan lupa, ganti air rendaman setiap hari. Saat mengganti air rendaman, gosok juga cobek.

Menurut akun Youtube, Sajian Sedap, cara ini dapat mengurangi pasir-pasir halus yang ada di cobek. Gak enak banget kan kalau masakan yang sedang kamu santap terasa pasir-pasir halusnya? Jangan lupa kasih tahu ibu ya.


Sumber : Sajian Sedap