Hartanya Gak Bakal Abis 20 Turunan, Inilah Tambang Uang 7 Orang Terkaya di Indonesia!

Segala hal mengenai orang terkaya Indonesia memang selalu menjadi perhatian. Pasalnya, gak sedikit orang yang penasaran dari mana sumber kekayaan yang bikin mereka punya harta super banyak.

Sponsored Ad

Hal tersebut bahkan membuat majalah bisnis dan ekonomi terkemuka Amerika Serikat, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Gak tanggung-tanggung, harta kekayaan yang mereka miliki pun mencapai ratusan triliun rupiah.

Pundi-pundi rupiah yang mereka peroleh berasal dari berbagai bisnis yang dijalankan. Para orang tajir itu bahkan berhasil merajai bidang bisnis yang berbeda-beda di Indonesia.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan sedikit informasi terkait sumber harta orang terkaya Indonesia seperti yang dikutip dari Forbes.

Sponsored Ad

Berikut tujuh di antaranya, dimulai dari yang terendah dulu ya.

7. Chairul Tanjung – Rp 56,1 triliun

Sponsored Ad

Nama Chairul Tanjung masuk ke dalam jajaran orang terkaya Indonesia di posisi ke-7 dengan total kekayaan mencapai US$ 3,9 miliar atau sekitar Rp 56,1 triliun menurut Forbes.

CT yang pernah menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Kehutanan Indonesia hingga jadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia ini merupakan seorang pengusaha sukses yang tak lain adalah pendiri CT Corp.

Perusahaan tersebut membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, jaringan supermarket, hotel dan lainnya.

Sponsored Ad

Gak cuma itu aja, CT yang mendapat julukan Si Anak Singkong ini juga menjadi pimpinan di perusahaan Pariarti Shindutama dan Para Rekan Investama.

6. Dato’ Sri Tahir – Rp 63,3 triliun

Sponsored Ad

Dato’ Sri Tahir dikenal sebagai pengusaha sukses dan investor kelas kakap. Pria kelahiran Surabaya, 26 Maret 1952 ini merupakan pendiri Mayapada Group yaitu sebuah holding company yang memiliki banyak unit usaha di Indonesia.

Gak main-main, Tahir yang dikenal sangat dermawan ini memiliki usaha di bidang perbankan, media cetak, TV berbayar, properti, rumah sakit hingga duty free shopping store.

Makanya gak heran, kalau Tahir memiliki kekayaan hingga US$ 4,4 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp 63,3 triliun. Ia berada di peringkat ke-6 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Sponsored Ad

5. Anthoni Salim – Rp 76,3 triliun

Nama Anthoni Salim memang masih terdengar asing di telinga banyak orang. Padahal bisnis yang ia miliki menjadi makanan konsumsi masyarakat Indonesia yang paling digemari, yaitu mie instan.

Sponsored Ad

Anthoni Salim yang berada di posisi ke-5 orang tajir di Indonesia versi Forbes ini diketahui memiliki harta mencapai US$ 5,3 miliar atau setara dengan Rp 76,3 triliun. Ia merupakan Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills.

Selain Indomie yang sangat mendunia, Indofood juga memiliki produk lain yang sangat laris manis di Indonesia yaitu Supermi, Sarimi, Indomilk, minyak goreng Bimoli dan lainnya.

4. Sri Prakash Lohia – Rp 103,5 triliun

Sponsored Ad

Sri Prakash Lohia yang menurut Forbes memiliki total kekayaan mencapai US$ 7,2 miliar atau Rp 103,5 triliun berada di posisi ke-4 di daftar orang terkaya di Indonesia.

Sponsored Ad

Pundi-pundi hartanya yang menggunung diperoleh pria kelahiran Kolkata, India, 11 Juli 1952 ini dari bisnis yang ia lakoni.

Ya, seperti yang diketahui bahwa Sri Prakash Lohia ini merupakan seorang pendiri sekaligus ketua Indorama Corporation, yaitu sebuah perusahaan petrokimia dan tekstil yang tak hanya sukses di Indonesia tapi juga sudah mendunia.

3. Keluarga Eka Tjipta Widjaja – Rp 123,7 triliun

Orang ketiga terkaya di Indonesia menurut Forbes dengan kekayaan hingga US$ 8,6 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp 123,7 triliun yakni Eka Tjipta Widjaja. Ia merupakan pendiri Sinar Mas Group.

Meski kini ia sudah meninggal, tapi sosok pengusaha yang satu ini sangat menginspirasi. Pasalnya, Eka merintis usahanya dari nol dan bahkan pernah bekerja serabutan sejak lulus SD.

Tapi berkat semangat dan kerja kerasnya, pemilik nama asli Oei Ek-Tjhong ini memiliki gurita bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti kelapa sawit, perbankan, kertas dan lainnya.

Gak cuma itu aja, pria yang meninggal di usia 97 tahun ini juga membangun ITC Mangga Dua, Green View Apartemen, dan Ambassador di Kuningan.

Pernah merasakan hidup susah, Eka juga mendirikan Eka Tjipta Foundation (ETF) yang berfokus pada pemberdayaan dan pembinaan, ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan hidup.

2. Orang terkaya Indonesia di peringkat dua, Susilo Wonowidjojo – Rp 132,3 triliun

Susilo Wonowidjojo merupakan seorang pengusaha yang sukses membangun dan membesarkan perusahaan rokok yaitu PT Gudang Garam Tbk.

Perusahaan yang dirintis sejak tahun 1958 itu menghantarkan Susilo berada di peringkat dua dalam daftar orang terkaya Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 9,2 miliar atau setara dengan Rp 132,2 triliun menurut Forbes.

1. R. Budi & Michael Hartono – Rp 503,7 triliun

Posisi orang terkaya pertama di Indonesia masih diduduki oleh Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono, yaitu dua bersaudara pemilik perusahaan rokok PT Djarum.

Seperti yang dikutip dari laman Forbes, Hartono bersaudara memiliki kekayaan hingga US$ 35 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp 503,7 triliun.

Selain dari rokok, mereka juga merupakan pemegang saham terbesar Bank BCA. Gak sampai di situ, Hartono bersaudara juga melebarkan sayap bisnisnya di bidang properti seperti Puri Cugni, Graha Padma Internusa, Nagaraja Lestari, dan Cipta Bumi Indah, serta bisnis elektronik. Luar biasa bukan?

Itu dia tujuh sumber pundi-pundi rupiah orang terkaya Indonesia yang membuat mereka memiliki harta segunung. Tertarik mengikuti jejak para miliarder di atas? Gak ada yang gak mungkin selama kita mau terus berusaha, gak pantang menyerah, dan berani berinvestasi. 


Sumber: moneysmart.id

Kamu Mungkin Suka