Jangan Takut Menyusui Meski Sedang Flu! Ternyata ASI Menghasilkan “Zat Ini” yang Bisa Melindungi Si Kecil Lho!

Bayi dan balita belum bisa makan makanan seperti layaknya orang dewasa. Untuk bayi di bawah usia 6 bulan satu-satunya sumber makanan yang terbaik adalah konsumsi ASI secara eksklusif. Namun, banyak juga di antara Moms yang suka bingung nih kalau sedang tidak enak badan, apakah aman untuk menyusui? Misalnya flu.

Tenang saja Moms karena memberikan ASI ketika sedang tidak dalam kondisi fit bukan lah hal yang membahayakan bagi si kecil. Flu, demam dan diare tidak akan menyebabkan dampak yang buruk meski menyusui si kecil. Karena ASI mengandung antibodi dari penyakit yang dialami si ibu, begitu lah penjelasan konsultan laktasi, dr. Sylvia Haryeny, IBCLC.

Contohnya saat ibu sedang flu maka tubuh akan memproduksi antibodi dari penyakit flu itu yang juga akan masuk ke ASI. Jadi saat bayi menyusu dia akan mendapat antibodi tersebut sehingga tidak mudah tertular penyakit yang dialami si ibu.

Namun, perlu diperhatikan juga tentang bagaimana cara penularan penyakit yang sedang dialami si ibu. Karena flu, demam penularannya adalah melalui udara dan bukan melalui ASI. Sedangkan untuk cacar, juga masih terbilang aman karena penularannya melalui vesikel. Hanya usahakan bayi tidak terkena cairan dari vesikel cacar. 

Sebuah artikel dari Future Virology mengungkapkan bahwa ASI adalah cairan tubuh yang mampu melindungi tubuh makhluk hidup secara aktif. Antibodi yang dihasilkan oleh ASI mencerminkan riwayat penyakit yang pernah dialami si ibu dengan tingkat konsentrasi yang tinggi dan mampu melindungi si bayi dari virus-virus berbahaya.

Nah, sekarang sudah tau kan Moms? Jadi tidak perlu khawatir kalau mau menyusui si kecil meski sedang tidak dalam kondisi prima. Karena justru dengan menyusu si kecil tidak akan mudah tertular penyakit yang sedang Moms alami.  

    

Sumber: haibunda.com

Video rekomendasi: