Siapa Bilang Bayi Tidak Boleh Konsumsi Kafein? Penelitian Cerdas Ini Membuka Pikiran Para Ibu Di Dunia!

Mom, tahu tidak kalau kafein itu ternyata bisa bermanfaat untuk bayi? Yap, kafein ini bisa bermanfaat kewat terapi kafein yang bisa aman untuk bayi prematur. Terapi kafein ini menurut para peneliti dapat meningkatkan perkembangan otak serta fungsi paru-paru mereka. Nah, kaya gimana penjelasan lebih detailnya? Simak di bawah ini ya!    

Sponsored Ad

Penelitian ini menunjukkan bahwa memulai terapi kafein untuk bayi yang lahir di bawah 29 minggu, yang berada di unit perawatan intensif neonatal (NICU), dalam waktu dua hari setelah kelahiran mempersingkat waktu yang diperlukan bayi untuk menggunakan ventilator.

Ini juga mengurangi risiko bronchopulmonary dysplasia (BPD) - suatu bentuk penyakit paru kronis yang disebabkan oleh kerusakan paru-paru dari penggunaan ventilator.

"Kafein adalah obat yang paling umum digunakan di NICU setelah antibiotik," kata Abhay Lodha, Associate Professor di University of Calgary di Kanada, seperti dilansir dari thehealthsite.

"Kafein juga dapat meningkatkan peregangan paru-paru dan ekspansi yang lebih baik, curah jantung dan tekanan darah pada bayi prematur, yang meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh dan otak, mengurangi durasi ventilasi mekanik dan risiko penyakit paru-paru kronis dan cedera pada otak yang sedang berkembang, " tambah Lodha.
Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics, menemukan bahwa pengobatan kafein secara dini tidak memiliki efek negatif jangka panjang pada perkembangan saraf.

Di sisi lain, itu terkait dengan skor kognitif yang lebih baik, dan mengurangi kemungkinan cerebral palsy - gangguan bawaan gerakan, tonus otot atau postur - dan gangguan pendengaran, studi menunjukkan.

"Sangat penting bahwa kita memahami efek jangka panjang kafein sebagai pengobatan dan memastikan bayi-bayi ini tidak hanya bertahan hidup tetapi memiliki kualitas hidup di jalan," Lodha mencatat.

Untuk penelitian ini, tim peneliti memeriksa 2.108 neonatus di antaranya 1.545 berada di kelompok kafein awal dan 563 berada di kelompok kafein akhir.

Mereka memeriksa data bayi pada usia 18 hingga 24 bulan di mana mereka dinilai untuk perkembangan kognitif, bahasa dan motorik mereka.


Wah, menarik juga ya! Ternyata kafein punya manfaat yang tak diduga!


Sumber: Intisari