Pahlawan dalam Kehidupan Nyata, Inilah Bukti Kalau CCTV Membantu Kehidupan Masyarakat!

CCTV adalah alat mungil yang sangat membantu dalam mengamankan suatu tempat. Dan bisa dibilang sekarang di setiap sudut ruangan, atau tempat sudah banyak yang memasang CCTV.

Sponsored Ad

Nggak bisa dipungkiri bahwa CCTV pun sudah banyak berjasa dalam kehidupan masyarakat. Nah, berikut ini beberapa kasus yang berhasil dipecahkan dengan CCTV.

1.Pencuri yang tertangkap berkat kamera CCTV

Peristiwa ini terjadi di Banda Aceh 2017 lalu. Sebut saja si pelaku Hasan mencuri sepeda motor di parkiran RSGM Unsyiah, Banda Aceh. Tanpa ragu dia langsung membawa pergi motor dengan merk Vario. Saat tau motornya dicuri dan wajah pencuri ada di CCTV, Merry Paulina pun membuat laporan ke polisi. Merry juga menyebarkan rekaman si pelaku di whatsapp. Akhirnya, pada malam hari, Hasan sudah berhasil diamankan oleh pihak kepolisian Banda Aceh.     

Sponsored Ad

2. Menjadi inovasi di Bandung untuk monitoring lalu lintas

Bandung pun akhirnya menciptakan inovasi dengan kamera kecil ini yaitu membuat aplikasi pemantau lalu lintas untuk pengguna jalan raya. Ini dilakukan agar para pengguna bisa tau mana jalan yang macet dan tidak.

Sponsored Ad

Aplikasi ini terkoneksi CCTV yang terpasang di banyak titik. Dari sini lah kita bisa memantau kondisi lalu lintas di berbagai ruas jalan. Tapi tak sebatas itu. Aplikasi ini juga dapat membantu pihak kepolisian dalam mengawasi titik rawan kejahatan serta mengantisipasi tindak kriminal.

Sponsored Ad

3. Jadi polisi kedua untuk menegur pengguna jalan yang melanggar lalu lintas

Banjarmasin pun juga memasang CCTV di setiap lampu merah. Ada lima titik yang dipasang oleh CCTV. Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik mengungkapkan bahwa CCTV dipasang bukan untuk monitoring saja tapi juga untuk menegur para pelanggar aturan secara langsung. Harapannya mereka tidak akan mengulanginya lagi.

Nah, sekarang tau kan kalau CCTV tu sangat penting dalam kehidupan kita. Tapi jangan digunakan untuk hal-hal yang negatif ya.   


Sumber: boombastis.com

Kamu Mungkin Suka