Aku Ditertawakan Saat Menggosok Muka Pakai Kulit Pisang, Setelah Tahu Manfaat Fantastisnya untuk Wajah, Mereka Langsung Ngikutin!

Munculnya jerawat di wajah tentu saja bukanlah hal yang menggembirakan, tidak hanya untuk wanita, tapi juga pria. Jerawat sendiri termasuk penyakit kulit. Meskipun bukan penyakit kulit yang membahayakan, tapi tentu saja jerawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri dan membuat tangan gatal ingin menyentuh jerawat yang tidak hilang-hilang ini.

Sponsored Ad

Perlu diketahui, menyentuh jerawat sembarangan ternyata malah akan bikin jerawat tambah subur loh! Sebenarnya apa sih yang menyebabkan muka berjerawat?

Sponsored Ad


Perubahan hormon

Jerawat biasanya terjadi karena adanya perubahan hormon. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita, apalagi pada masa-masa menstruasi atau kehamilan.

Jarang membersihkan wajah

Pemakaian make up berlebihan pada wanita dan tidak membersihkan wajah secara teratur akan menjadi penyebab munculnya jerawat. Sebaiknya cuci muka 2 kali sehari dengan produk pembersih wajah yang ringan, karena terlalu sering mencuci muka dan pemakaian produk berlebihan justru akan menyebabkan kulit memproduksi minyak secara berlebihan.

Sponsored Ad

Pola makan yang tidak sehat

Pola makan juga berpengaruh pada masalah jerawat. Jerawat dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat. Perlu diingat bahwa setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh tentu saja akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan juga kulit. Salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan agar tidak menyebabkan jerawat adalah makanan manis, berminyak dan susu.

Sponsored Ad

Stres

Tanpa disadari, berbagai tuntutan pekerjaan dan masalah pribadi dapat menyebabkan stres. Stres sering kali menyebabkan beberapa penyakit, begitu juga dengan penyakit kulit, yaitu jerawat. Stres dapat memicu jerawat untuk menjadi lebih buruk. Stres bukanlah penyebab muncul jerawat, tapi stres bisa membuat jerawat bertambah buruk.

Sponsored Ad

Kebiasaan memencet jerawat

Siapa saja pasti merasa risih saat ada jerawat di muka dan tangan sepertinya tidak tahan untuk menahan rasa gatal atau tidak menggaruknya. Orang-orang lalu ingin segera menyingkirkan jerawat dengan cara memencetnya. Perlu diingat, memencet jerawat hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian yang lebih dalam, sehingga menyebabkan jerawat berbekas.

Sponsored Ad


Jadi, bagaimana caranya mencegah dan mengatasi jerawat?

Mentimun

Mentimun kaya akan vitamin C dan kandungan air. Mentimun sendiri sudah terkenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit. Mentimun mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit berminyak, kering dan sensitif. Selain itu, mentimun juga bisa untuk mengembalikan warna kulit akibat sengatan matahari, mengecilkan pori-pori wajah dan mencegah penuaan dini.

Sponsored Ad

Kamu cukup sediakan satu mentimun segar, parut hingga halus dan satu sendok yoghurt tanpa rasa. Aduk hingga rata dan oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Selain itu, ada cara yang lebih praktis lagi, yaitu tinggal iris mentimun yang sudah dibersihkan sehingga menjadi potongan-potongan tipis, lalu langsung tempelkan saja pada wajah. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan lagi dengan air hangat.

Sponsored Ad

Tomat

Tomat memiliki senyawa likopen yang merupakan antioksidan baik untuk mempertahankan kesehatan kulit. Tomat dipercaya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih. Sering mengonsumsi tomat pun bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah kanker payudara, penyakit jantung dan stroke. Selain itu, tomat juga efektif untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

Sponsored Ad

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi tomat secara teratur. Makan buah tomat 2-3 kali dalam seminggu bisa mengurangi kerusakan kulit. Konsumsi buah tomat yang disarankan adalah dengan memasaknya terlebih dahulu agar kandungan likopen dalam tomat bisa optimal diserap oleh tubuh. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus, saus pasta atau makanan lain.

Selain itu, bisa juga dijadikan masker. Masker yang terbuat dari tomat bisa membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Caranya dengan menghaluskan 1 buah tomat, tempelkan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.


Pisang

Pisang kaya akan kandungan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E ini mampu menjaga kulit agar tetap kencang. Buah pisang tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, tapi juga bisa diolah menjadi masker. Caranya haluskan pisang hingga menjadi bubur, lalu tambahkan sedikit madu, aduk hingga merata. Oleskan secara merata pada wajah dan tunggu hingga mengering. Terakhir bilas dengan air hangat.

Masker alami ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mengencangkan kulit dan tentu saja menghilangkan jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan buah pisang yang sudah matang atau berwarna kuning. Selain menggunakan bagian buah, kamu juga bisa memanfaatkan kulit pisang.

Asam organik pada kulit pisang bisa membantu mengatur kelembaban kulit dan mengurangi munculnya jerawat dan komedo. Kulit pisang juga bisa mengurangi bintik-bintik bekas jerawat. Caranya tinggal ambil kulit pisang, gosok bagian dalam yang berwarna putih di daerah yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas. Lakukan secara rutin dan wajah kinclong bukan lagi impian!!!

 

Sumber: healthqq

Kamu Mungkin Suka