Ngakak! Bukannya Takut, Saat Muncul Angin Puting Beliung Anak-anak SD Ini Malah” Lakukan Hal” yang Bikin Netizen Geleng-Geleng Kepala!

Video pusaran angin di sebuah lapangan yang dikelilingi anak-anak SD viral di media sosial. Video itu disorot karena, bukannya menyelamatkan diri, anak-anak SD malah mendekati sumber pusaran angin yang mirip tornado itu. Tidak diketahui pasti kapan dan lokasi video itu diambil. Hanya, terlihat anak-anak ramai bermain di lapangan tersebut saat angin yang disebut tornado itu terjadi.

Sponsored Ad


Bukannya takut, anak-anak itu malah mendekati pusaran angin yang makin lama makin besar itu. Mereka baru bubar setelah pusaran angin itu hilang. Dimintai konfirmasi, Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto menjelaskan peristiwa itu bukanlah tornado. Hary mengatakan angin itu terbentuk karena ada perubahan kecepatan angin yang menyebabkan turbulensi.

Sponsored Ad

"Turbulensi merupakan fenomena perubahan kecepatan yang sering terjadi dalam waktu singkat, berskala kecil, dan terjadi secara acak," kata Hary lewat pesan singkat, Rabu (8/8/2018).

Sponsored Ad

Hary menerangkan turbulensi itu terjadi ketika kecepatan aliran udara dan/atau arah pergerakannya berubah dengan cepat. Pada saat itulah dapat dikatakan telah terjadi turbulensi udara. Soal angin yang terlihat dalam video itu, Hary mengatakan termasuk turbulensi geseran.

Sponsored Ad


"Turbulensi geseran (shear turbulence) disebabkan adanya perubahan arah angin yang tiba-tiba, yaitu ketika arah angin berubah mendadak, baik secara horizontal maupun vertikal, dalam jarak yang dekat. Akibat adanya perbedaan tekanan udara. turbulensi geseran terjadi sepanjang perbatasan di antara dua aliran udara yang bergerak berlawanan arah," paparnya.

Sponsored Ad

Hary menambahkan fenomena angin itu tak berbahaya. Dia mengatakan warga tak perlu khawatir jika menemukan angin tersebut. "Tidak cukup kuat (untuk mengangkat anak)," jelasnya. Lucunya dalam video tersebut anak-anak SD ini malah bermain dengan pusaran angin tersebut. Bahkan ada beberapa anak yang masuk ke dalam pusaran. “Cuma di Indonesia, Tornado gak punya harga diri..,” tulis Teddy.

Sponsored Ad

Anak lainnya, terdengar mengatakan, “Rekam, bang. Masukin Youtube.”

Sponsored Ad

Video ini sudah menjadi viral. Hingga, Kamis (9/8/2018) video sudah dilihat sebanyak 320 ribu dan 24 kali dibagikan. Warganet ramai mengomentari video ini. Salah satunya akun MasYummy bilang, “Ketika tornado dilecehkan anak esde.”

Sumber: Detik.com

Video Rekomendasi: