​Ibu Ceramahi Anak dengan "Sepiring Odol"! Lebih Berharga dari Pelajaran di Sekolah!

Terkadang, satu perkataan yang terlontar dari mulut bisa menoreh luka yang berbekas di hati orang selamanya.

Sponsored Ad

Seorang ibu di Cleveland, Amerika, Amy Beth Gardner, memberi wejangan kepada putrinya, Breona, yang akan duduk di bangku SMP. Ia menggunakan odol sebagai perumpamaan untuk mengajari Breona betapa pentingnya "berpikir sebelum berbicara".

Sponsored Ad

Ia menyuruh Breona memencet keluar seluruh isi odol di atas piring. Setelah itu, ia menyuruhnya untuk memasukkan kembali odol tersebut ke dalam tabungnya.

Sponsored Ad

Breonna mencoba memasukkan odol tersebut ke dalam tabung namun mustahil. Ia pun protes, "Gak mungkin! Mana bisa masuk lagi!?"

Saat ini, Amy pun melontarkan perkataan yang akan selalu diingat oleh Breonna,

"Kamu akan terus mengingat odol ini seumur hidupmu. Kata-katamu punya kekuatan hidup dan mat*. Sekarang kamu masuk SMP, kamu akan melihat seberapa banyak berat kata-kata yang kamu bawa. Kamu bisa menggunakannya untuk menyak*ti, merendahkan, memfitnah dan melukai orang lain. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menyembuhkan, mendorong, menginspirasi dan mencintai orang lain. Ya, mungkin kadang kamu bisa khilaf. Sama seperti odol ini, begitu kata-kata itu keluar dari mulutmu, kamu tidak bisa mengambilnya kembali."

Sponsored Ad

"Gunakan kata-katamu dengan bijak, Breonna. Ketika orang lain menyalahgunakan kata-kata mereka, jagalah kata-katamu. Buatlah pilihan setiap pagi bahwa hanya kata-kata yang baik yang akan keluar dari mulutmu. Putuskanlah malam ini juga kamu akan menjadi pemberi kehidupan di sekolah. Biarkan orang mengenal kebaikan dan belas kasihmu. Gunakan hidupmu untuk memberi kehidupan pada dunia yang sangat membutuhkannya. Kamu tidak akan pernah menyesal telah memilih kebaikan."

Sponsored Ad


Setelah diunggah, postingan ini mendapat lebih dari 1,8 juta likes, 1,8 juta shares dan 1,1k komentar. Banyak netizen pun setuju dengan ibu ini dan memuji caranya yang simpel tapi ngena dalam mengajari anaknya.

Berpikirlah sebelum berbicara. Gunakanlah kata-katamu dengan bijak. Odol ini bukan cuma harus diingat oleh Breonna, tapi oleh KITA SEMUA! Salam indah!

Yuk like dan share artikel ini jika menginspirasi!

Sumber: looker

Kamu Mungkin Suka