Hati-hati Jika 3 Tanda Ini Muncul Di Kuku, Titik Putih Bisa Tunjukkan Masalah Kesehatan Serius

Kuku mungkin adalah bidang kecil dari tubuh manusia yang sedikit diperhatikan. Namun siapa sangka, jika muncul sebuah tanda di kuku akan menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan kamu.

Sponsored Ad

Beberapa di antaranya mungkin pernah kamu alami dan beberapa di antaranya mungkin tidak kamu sadari. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tanda berikut ini sebagai petunjuk kesehatan kamu. Setidaknya ada 3 tanda yang ditemukan, berikut ini 3 tanda yang muncul di kuku seperti dirangkum dari Bright Side.

1. Muncul garis kuku vertikal dan gelap

Sponsored Ad

Garis yang membentang dari kutikula ke ujung kuku kamu mungkin merupakan tanda melanoma subungual. Jenis kanker kulit yang sangat berbahaya. Jadi, jika garis-garis itu tidak menimbulkan rasa sakit pada kuku kamu, lebih baik segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

2. Muncul garis putih kecil

Meskipun kebanyakan orang percaya bahwa garis putih (atau garis Mees ) berarti kekurangan kalsium, itu sebenarnya tidak benar. Warna-warna putih pada kuku kamu biasanya menunjukkan diet tidak seimbang yang kekurangan protein.

Sponsored Ad

Selain itu, mereka dapat muncul setelah mengalami keracunan dengan logam berat sebagai akibat gagal ginjal.

3. Kulit merah dan membengkak di sekitar kuku

Jika di sekitar kuku kamu menunjukkan radang lipatan kuku dan disertai pembengkakan besar, ini bisa dibebakan oleh infeksi yang disebut paronychia. Kemungkinan alasan lain lipatan kuku kemerahan termasuk ganguan jaringan ikat, atau penyakit lupus pada khususnya.

Nah, mulai dari sekarang harus lebih teliti perhatikan kesehatan ya, salah satunya bisa dilihat dari keadaan kuku.


Sumber: Intisari

Kamu Mungkin Suka