Dulu Selokan Kampung Ini Penuh Sampah, Sekarang Jadi Kayak Selokan di Jepang!

Mempunyai lingkungan tempat tinggal yang sehat dan bebas polusi mungkin sudah sangat sulit diwujudkan saat ini. Bahkan semakin banyak desa yang tercemar oleh perbuatan masyarakat juga.

Sponsored Ad

Dibutuhkan sosok “pahlawan” yang sadar tentang kelestarian alam dan lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang sehat lagi. Inilah yang dilakukan oleh Irfah Satiri, Ketua Eco Village Baraya di Kampung Ciasin, Bogor. Dari kepedulian Irfah terhadap kebersihan kampung tersebut, maka saat ini semua warga kampung juga turut disiplin menjaganya.

Sponsored Ad

Sepanjang Kampung Ciasin ini dialiri oleh selokan yang tadinya dipenuhi oleh sampah dan ditambah lagi sampah bawaan dari kampung lain. Namun sejak tahun 2016 lalu, warga sepakat membuat selokan bebas sampah. Caranya dengan menanam ikan di sepanjang selokan yang telah dibersihkan agar warga enggan membuang sampah lagi ke selokan.

Sponsored Ad

Modal awal yang diperlukan memang cukup besar yaitu hampir Rp 100 juta. Tapi setiap 3 bulan sekali, masyarakat dapat memanen ikan-ikan tersebut. Selokan sepanjang 300 meter ini jadi peternakan ikan nila dan mas. “Tadinya sungai ini, sangat-sangat memprihatinkan sekali. Bagaimana cara mengatasi sampah ini, masyarakat harus peduli kan.” ucap Irfah.

Sponsored Ad

 

Walau kini selokan di sekitar pemukiman sudah bersih namun tetap saja ada kiriman sampah dari kampung sebelumnya. Hal ini tidak dibiarkan oleh Irfah. Ia pun rajin membersihkan aliran sungai yang melewati Kampung Ciasin agar bebas dari sampah. Sejak pukul 06.00, Irfah sudah mengumpulkan sampah yang ada di sungai.

Sponsored Ad

Hebatnya lagi, sampah yang didapat itu akan diseleksi untuk di daur ulang. Peternakan ikan dan daur ulang sampah ini tentu membawa dampak yang sangat baik bagi warga kampung tersebut. Awalnya hanya ingin melihat lingkungan yang bersih, tak disangka bonusnya adalah meningkatkan perekonomian warga kampung itu.

Selain itu, keunikan tentang selokan bersih yang ditanam ikan menjadi potensi wisata dan menambah pemasukan bagi Kampung Ciasin. Juga menjadi contoh kampung yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih. Keberhasilan ini juga diakui oleh pemerintah Jawa Barat karena Kampung Ciasin telah meraih penghargaan Eco Village sebanyak 2 kali dari pemerintah. Keren kan?!


Sumber : Wowshack dan Tribun

Kamu Mungkin Suka