Pisang Cepat Menghitam, Ibu Menyimpannya dengan “Cara Pintar” Ini, Bisa Awet Seminggu

Ada yang suka sama pisang gak nih? Biasanya, pisang yang baru kita beli itu gak bertahan lama. Baru 1 - 2 hari sudah mulai menghitam. Emang nyebelin sih, eits tapi ada triknya supaya pisang yang kamu beli bisa bertahan lebih lama! Gimana caranya? Simak yuk tips dari Mimin di bawah ini!

Sponsored Ad

Pisang dicuci terlebih dahulu, sekadar diketahui, sebagian besar buah pisang dimatangkan dengan karbit atau bahan kimia lainnya untuk mempercepat proses pematangan. Cuci bersih permukaan pisang dengan air yang mengalari (air kran).

Sponsored Ad

Lalu keringkan permukaannya dengan kertas tisu.


Kemudian siapkan gulungan foil dan sobek sepotong kecil.

Sponsored Ad

Lilit (bungkuskan) aluminium foil ke bagian tangkainya (lihat gambar bawah), hal ini untuk mencegah penyebaran etilen yakni suatu gas yang digolongkan sebagai zat pengatur pertumbuhan (phytohormon) yang aktif dalam pematangan buah. sehingga dengan demikian dapat memperpanjang waktu penyimpanan pisang.
Jadi, pisang tidak akan mudah rusak / menghitam apabila dibungkus seperti itu.

Sponsored Ad

Setelah itu, siapkan seutas tali dan ikatkan ke bagian tengah tangkai pisang (lihat gambar bawah), kemudian gantungkan agar tidak rusak tertindih. Jadi, simpanlah pisang dengan cara seperti ini agar tidak lekas rusak/menghitam. Nah, gimana mudah kan tipsnya? Buat yang suka pisang coba praktekin sendiri di rumah, kasih tahu Mimin kalau berhasil ya!


Sumber: Erabaru