Tak Dikubur, 4 Seleb Ini Dikremasi Saat Tutup Usia, No 4 Dulu Hidup Sebatang Kara!

Berita tutup usia selebritis tentu menjadi hal yang mengejutkan untuk banyak pihak. Sosok publik figur yang dikenal luas membuat banyak orang merasa kehilangan para selebritis ini. Namun tahukah bahwa ada sejumlah seleb yang saat tutup usia, jenazhnya dikremasi oleh keluarga atau sanak saudaranya? Ya lantaran berbagai alasan salah satunya wasiat almarhum, sejumlah seleb akhirnya dikremasi saat tutup usia.

Sponsored Ad

Kremasi adalah metode penghilangan jenaz*h dengan cara pembakaran. Saat dikremasi, tubuh jenaz*h akan dimasukan ke dalam tungku panas. Lalu, melalui proses pembakaran ini mereduksi jasad menjadi gas, abu, dan fragmen mineral. Biasanya anggota keluarga akan menyimpan abunya usai dikremasi. Namun ada juga yang berwasiat untuk menebarkan abu ini di sungai atau laut.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa seleb yang tutup usia dengan dikremasi oleh keluarga atau orang-orang terdekat mereka. Berikut ini 4 selebritis tanah air yang dikremasi saat tutup usia.

Sponsored Ad

1. Bondan Winarno

Pada 29 November 2017 yang silam, publik dikejutkan dengan berita tutup usia presenter kuliner, penulis dan wartawan Bondan Winarno. Sosok yang terkenal dengan jargon “Maknyuss” ini menghembuskan nafas terakhirnya. Sahabat dan keluarga membenarkan prosesi pemakaman Bondan dengan cara dikremasi. Hal ini dikarenakan merupakan wasiat atau permintaan almarhum.

Sponsored Ad

2. James Sahertian

Almarhum aktor lawas James Sahertian, menjadi salah satu selebritis lain yang dikremasi kala ia tutup usia. Sebagaimana diketahui, suami dari artis cantik Roewina Umboh itu menghembuskan nafas terakhirnya pada 12 April 2015 yang silam. Sesuai amanat almarhum, jenaz*h James Sahertian pun dikremasi. "Permintaan dia untuk dikremasi. Kalau enggak, enggak mungkin saya mau," tutur Roweina yang tak mampu menyembunyikan kesedihannya. Usai dikremasi, abu jenaz*h James Sahertian kemudian dilarung ke Pantai Ancol, Jakarta

Sponsored Ad

3. Kris Biantoro

Christoporus Soebiantoro atau Kris Biantoro, aktor sekaligus penyanyi legendaris tanah air ini tutup usia pada 13 Agustus 2013 yang silam. Tutup usia Kris Biantoro tentu jadi salah satu kehilangan besar bangsa ini, mengingat pria yang wafat pada usia 75 tahun itu merupakan salah satu seniman yang memiliki kontribusi besar pada negeri. Namun di masa tuanya, Kris Biantaro mengalami penurunan kesehatan yang sangat signifikan. Hingga akhirnya dinyatakan berpulang. Menurut keterangan sang putra, mendiang Kris Biantoro telah berwasiat agar jenz*hnya tidak dikubur namun dikremasi saja.

Sponsored Ad

4. Robby Tumewu

Setelah hampir 6 tahun lamanya melawan str oke yang ia derita, artis sekaligus designer Robby Tumewu tutup usia dunia. Sebelum tutup usia, Robby Tumewu memang sempat menghilang dari ranah hiburan tanah air. Robby Tumewu akan dikremasi pada 17 Januari 2019. Bukan tanpa alasan pihak kerabat Robby Tumewu, pilih melakukan kremasi. 

Sponsored Ad

Pasalnya selama ini, Robby memang diketahui hidup sebatang kara. Robby Tumewu belum berkeluarga hingga akhirnya tutup usia. Selain itu sanak saudaranya pun kebanyakan tinggal di luar negeri. Karena itulah khawatir kuburannya nanti tak terurus, kerabat memilih melakukan kremasi selain itu abunya dilarung nanti, hari itu juga di Tanjung Pasir.

Kehilangan besar bagi bangsa ini kehilangan seniman-seniman serta publik figur legendaris diatas. Dan deretan selebritis diatas atas permintaan sendiri atau keluarga, akhirnya jenaz*hnya pun dikremasi. Bagaimana pendapat kamu akan hal ini?


Sumber: UC News

Kamu Mungkin Suka