Ajaib! "4 Bumbu Dapur" Ini Dipercaya Bakal Bikin Kamu Berumur Panjang!

Masakan Indonesia terbilang cukup banyak menggunakan rempah-rempah. Penambahan rempah ini membuat rasa masakan menjadi semakin kuat.

Sponsored Ad

Tapi tahukah kamu bahwa beberapa rempah telah digunakan sebagai obat sejak zaman kuno karena memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Seorang ahli gizi, Juliette Kellow dan Dr. Sarah Brewer mengatakan, hal tersebut diperkuat dengan penelitian ilmiah yang menemukan manfaat kesehatan dari rempah-rempah.

"Semua rempah-rempah adalah penguat antioksidan, tetapi rempah-rempah tertentu memiliki manfaat khusus," kata Kellow dan Brewer. Manfaat khusus tersebut seperti perlindungan dari sel-sel jahat, meningkatkan daya ingat, memerangi peradangan, dan lainnya. Kira-kira apa saja rempah-rempah yang meningkatkan kesehatan ini? Yuk, simak di bawah ini.

Sponsored Ad

#1 Lada hitam

Kamu dapat menemukan bumbu yang pedas ini saat menyantap daging ayam atau sapi. Ternyata lada hitam merupakan bumbu yang ramah jantung yang mengandung alkaloid. Zat ini berfungsi sebagai peningkat pencernaan yang disebut piperine. Selain itu lada hitam, bisa menjadi pengganti garam karena kebanyakan konsumsi garam dapat menyebabkan penyakit jantung dan gagal ginjal.

Sponsored Ad

#2 Kayu manis

Rempah yang biasa ditemukan pada kue-kue ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga berguna untuk mengontrol berat badan. Menurut penelitian kayu manis dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu kontrol gula darah, tentunya manfaat ini sangat penting bagi penderita diabetes.

Sponsored Ad

#3 Jahe

Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut gingerol. Senyawa tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit penderita osteoarthritis.

Sponsored Ad

Riset yang meninjau lima studi membuktikan, mengkonsumsi jahe dapat mengurangi rasa sakit hampir sepertiga. Bahkan, konsumsi jahe dapat mengurangi risiko cacat hingga 22 persen pada penderita osteoarthritis. Jahe juga dikenal membantu meredakan mual.

#4 Kunyit

Sponsored Ad

Terakhir, ada kunyit yang membantu meredakan peradangan jangka panjang. Peradangan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti radang usus, beberapa sakit keras, demensia, dan radang sendi.

Zat curcumin juga membantu kesehatan otak karena zat ini dapat mencegah pembentukan plak dan memecah amiloid-beta di otak yang merupakan salah satu gejala alzheimer. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kunyit dapat membunuh sel jahat kemudian mencegahnya untuk tumbuh kembali.

Seluruh rempah yang memiliki kandungan antioksidan ini sangat berguna meningkatkan harapan hidup. "Antioksidan dapat membersihkan radikal bebas - molekul yang diduga menyebabkan banyak penyakit terkait usia termasuk kanker dan demensia,” kata Kellow dan Brewer.


Sumber : Intisari

Kamu Mungkin Suka