Daging Ayam Mentah Baiknya Tidak “Dicuci” Sebelum Dimasak, Melainkan Seharusnya Dibersihkan dengan “Cara Mengejutkan Ini”!

Biasanya kalau kita mau masak, pasti bahan-bahannya harus dicuci dulu sampai bersih. Eits, ternyata hal ini gak berlaku buat semua jenis makanan lho. Ada juga bahan makanan yang sebenarnya gak boleh dicuci sebelum dimasak karena bisa membahayakan makanan itu sendiri. Nah, salah satunya adalah daging ayam mentah. Pasti banyak yang belum tau kan kalau daging ayam ini gak boleh dicuci sebelum dimasak? Kira-kira apa sih alasannya? Terus solusinya gimana ya biar daging ayam yang kita makan tetep bersih? Tenang guys, berikut ini ada info lengkap tentang alasan kenapa daging ayam gak boleh dicuci, sekaligus solusinya! Penasaran? Langsung yuk, kita kepoin!

Sponsored Ad


Daging ayam mentah menyimpan banyak bakteri. Bakteri yang biasanya di temukan pada daging ayam mentah adalah bakteri Campylobacter, yakni bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan seperti diare. Itu sebabnya untuk menghilangkan bakteri ini, kalian akan mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak. Ternyata, air yang kita gunakan untuk mencuci daging biasanya akan terciprat ke mana-mana, dan bakteri yang ada pada daging bisa berpindah ke bahan makanan lain atau ke alat-alat masak di sekitarnya. Hal ini membuat kita tetap rentan terkena infeksi walaupun daging sudah dicuci.

Sponsored Ad

Terus kalau gak dicuci, bakteri yang ada di daging tetap ada dong? Pastinya kita harus menghilangkan sampai bersih bakteri-bakteri yang ada di daging mentah. Bisa kok dilakukan dengan cara lain selain dengan mencucinya. Untuk menghilangkan bakteri pada daging ayam mentah, kalian bisa merebusnya dalam air mendidih dengan suhu minimal 75°C. Pada suhu yang tinggi, bakteri tidak akan hidup dan daging ayam pun terbebas dari bakteri.

Sponsored Ad


Selain merebus daging pada suhu tinggi, ada juga lho cara lain yang bisa kita praktekkan untuk menghilangkan bakteri pada daging mentah. Pertama, jangan cairkan daging beku pada suhu ruangan. Kalau kalian membeli daging ayam yang beku, kalian bisa mencairkannya dengan menaruh daging tersebut pada bagian bawah kulkas. Bagian bawah kulkas yang memiliki suhu yang tidak terlalu dingin lama kelamaan akan mencairkan daging yang beku. Jika kalian mencairkan daging beku dengan membiarkannya di ruangan terbuka, hal ini hanya akan mengundang banyak bakteri.

Sponsored Ad

Cara yang kedua adalah memastikan semua peralatan masak yang akan kalian gunakan sudah bersih. Kontaminasi bakteri ternyata gak hanya dari makanan guys, tapi dari alat-alat masak yang gak bersih pun bisa menularkan bakteri. Solusinya, kalian harus mencuci setiap alat masak yang akan digunakan. 

Sponsored Ad

Itu dia alasan kenapa daging ayam mentah gak boleh dicuci sebelum dimasak. Jangan lupa dipraktekkin juga ya cara-cara membersihkan daging ayam di atas. Kalau bahan makanan bersih, dan alat masak juga bersih, dijamin gak akan ada bakteri lagi deh! Kesehatan kita pun akan semakin terjamin dengan tata cara pengolahan bahan makanan yang benar.

Cari tahu info lengkapnya pada video ini:

Sumber: Yukepo 

Kamu Mungkin Suka