Mau Hemat Listrik dengan Menghemat Daya Kulkas? Jangan Pernah Letakkan Kulkas di Dekat Ini!

Pusing dengan tagihan listrik yang suka membengkak tiap bulan? Ternyata kita bisa lho mengakalinya dengan menghemat daya kulkas.

Sponsored Ad

Kulkas adalah salah satu perabotan dapur yang paling memakan daya, alasannya adalah karena kulkas bekerja selama non-stop 7 hari dan 24 jam. Nah, berikut ini cara-cara menghemat daya listrik.

1. Atur suhu kulkas dengan tepat

Untuk suhu pada buah atau sayur sebaiknya pada suhu 3-5 derajat Celcius. Sedangkan pada bagian freezer bisa diatur dengan suhu -17 derajat Celcius sampai 15 derajat Celcius.

Sponsored Ad

2. Jauhkan kulkas dari jendela atau kompor

Jika posisi kulkas dekat dengan kompor atau jendela maka sebaiknya segera pindahkan. Karena panas pada kompor akan mempengaruhi suhu pada kulkas untuk bekerja lebih keras lagi dan jendela rentan terhadap paparan sinar matahari langsung.   

3. Jangan terlalu lama membuka kulkas

Sebaiknya hal ini tidak sering dilakukan. Karena makin lama kita membuka pintu kulkas, maka udara dingin dalam kulkas akan bertukar dengan udara hangat dari luar.  

Sponsored Ad

4. Rawat kulkas dengan benar

Agar konsumsi listrik tetap efisien maka sebaiknya kita membersihkan kumparan kondesor selama satu tahun sekali.

Karet ini berguna menjaga agar kulkas tetap kedap udara. Kalau sudah longgar maka bisa-bisa kulkas akan menyerap listrik lebih banyak.    

Sponsored Ad

5. Hindari mengisi kulkas terlalu penuh

Hal ini akan membuat kita terlalu lama membuka pintu kulkas untuk mencari bahan makanan. Biasakan untuk menghabiskan bahan makanan yang dibeli terlebih dahulu untuk memperluas ruang kulkas.

6. Hindari menyimpan makanan panas di kulkas

Karena bisa membuat kulkas bekerja lebih keras akibatnya kulkas akan menyedot lebih banyak listrik.    

Nah, semoga artikel ini bermanfaat ya. Selamat mencoba!


Sumber: youtube

Kamu Mungkin Suka