Main ke Hutan, Ia Temukan "Tanaman Putih" Aneh! Saat Disentuh, Langsung "MENGHITAM"!?

Seorang pria sedang mendaki gunung daerah Shanxi, Tiongkok, lalu menemukan tanaman aneh berwarna putih di perhutanan dalam gunung. Waktu ia beristirahat, bunga aneh ini persis berada di dekat kakinya.

Sponsored Ad

Dari luar, bunga ini tampak sangat putih dengan kelopak agak tipis dan transparan. Sekilas bentuknya mirip sekali dengan pangsit bening isi udang.

Sponsored Ad

Karena penasaran, pria ini pun memotretnya dan memetik sekuntum untuk diperiksanya nanti di rumah. Siapa sangka, begitu dipetik, bunga aneh itu langsung menghitam dan mengeluarkan cairan gel aneh!

Sponsored Ad

Pria itu pun segera pulang dan segera menanyakan hal ini ke pakar tanaman. Ternyata tanaman aneh ini sangat langka, disebut oleh orang Tiongkok sebagai anggrek kristal, atau rumput jiwa. Walaupun dalam bahasa Mandarin, tanaman ini punya sebutan "anggrek", namun tanaman ini bukanlah spesies anggrek. 

Dalam bahasa inggrisnya, tanaman ini disebut sebagai Monotropa uniflora, atau ghost plant, Indian pipe, atau tanaman [email protected] Tanaman ini dapat hidup berparasit, akarnya berstruktur sama dengan akar jamur-jamuran.

Sponsored Ad

Tanaman ini bergantung pada pohon-pohon, mendapat energi dari fotosintesis pohon. Ia bisa tumbuh di lingkungan yang sangat gelap dan tidak memerlukan sinar matahari untuk tumbuh. Tanaman hantu (ghost plant) ini berwarna putih lilin karena tidak mempunyai klorofil, namun ada juga sebagian yang berwarna merah muda. 

Sponsored Ad

Tinggi tanaman ini hanya sekitar 1 cm - 1.5 cm. Mereka umumnya tumbuh berkelompok atau bergerombol seperti ini di lingkungan lembab, 800-3200 meter di atas permukaan laut. 

Sponsored Ad

Tanaman ini sangat rapuh, disentuh sedikit saja akan terjatuh. Ia hanya cocok hidup di lingkungan hutan yang lembab dan tidak bercahaya, sangat sulit dikembang biakkan di lingkungan buatan. Karena itulah, saat pria itu menyentuh, bunga itu langsung menghitam. 

Sponsored Ad

Menurut dongeng-dongeng Tiongkok, tanaman ini disebut-sebut punya kemampuan menghidupkan kembali orang mat! dan kekuatan super lainnya. Namun tentu saja, rumor itu tidaklah benar.

Sponsored Ad

Tanaman hantu ini hanya bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk yang berkepanjangan dan sering dipakai dalam ilmu pengobatan tradisional. Sedang dalam ilmu pengobatan barat, tanaman ini sudah sering digunakan sebagai 0bat penenang.

Dari informasi yang ditulis di Wikipedia, tanaman hantu ini bisa ditemukan di Eropa, Rusia, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Apa kamu pernah melihat tanaman ini?

Sumber: teepr