Gelandangan Ini Dimandikan dan Cukur Rambut Gratis, Penampilan Setelahnya Malah Buat Ia Menangis!

Apa yang kamu lakukan jika bertemu dengan seorang gelandangan dengan pakaian lusuh, berantakan serta bau yang tercium tak mengenakan? Apakah kamu akan menghindar atau justru berinisiatif menolong?

Sponsored Ad

Sekelompok orang dermawan di Peru memutuskan untuk membantu seorang tunawisma, yang sering mereka lihat berkeliaran di jalanan selama bertahun-tahun. Setelah diberi tumpangan mandi dan beberapa baju baru, pria itu tampak seperti seorang bapak sebaya lainnya! El Loco Chumán, juga dikenal sebagai Luciano, telah kehilangan tempat tinggal selama bertahun-tahun. Dia sering terlihat berkeliaran tanpa tujuan melewati jalanan Ferreñafe, dengan penampilan yang sangat buruk, dimana rambutnya yang panjang dan acak-acakan dan wajahnya sangat berantakan.

Sponsored Ad

Menurut Hefty , Luciano yang berusia 85 tahun ini menderita skizofrenia, dan penduduk setempat sering menertawakannya hingga mengabaikannya.

Sponsored Ad

Pada tahun 2015, kelompok dari asosiasi San Martín dan Gereja Los Peregrino memutuskan untuk memberikan bantuan kepada Luciano.

Sponsored Ad

Mereka membawanya ke salah satu rumah anggota mereka, memandikannya, dan memotong rambut dan kukunya, hingga mencukur jenggot dan kumisnya.

Sponsored Ad

Luciano kemudian juga diberi baju baru dan bersih untuk ia kenakan.

Sponsored Ad

Penampilan Luciano terlihat sangat berbeda, berkat pertolongan beberapa warga setempat yang dermawan.

Mereka juga memberinya makan dan memberinya KTP dengan identitasnya sendiri.

Sponsored Ad

Walikota Ferreñafe, Jacinto Muro Távara, mengatakan bahwa dia memuji inisiatif warganya tersebut, dan ini harus dicontoh dan diikuti oleh manusia lainnya. Wah salut banget nih sama warga yang sangat peduli seperti ini, semoga semakin banyak yang begini dan orang Indonesia juga bisa meniru perilaku baiknya ya.


Sumber: EraBaru