Singapura Dan Malaysia Ribut Klaim Cendol, Warga Indonesia Tanggapi Dengan Cara Spektakuler Ini!

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya raya akan makanan tradisional. Salah satu makanan khas Indonesia adalah Cendol. 

Sponsored Ad

Namun beru-baru ini makanan cendol ini sedang diperdebatkan oleh para negara tetangga seperti Malaysia Dan Singapura.

Sponsored Ad

Karena konon mereka juga mengklain bahwa cendol merupakan makanan khas mereka. Nah tapi jangan dulu emosi, mending kita simak permasalahannya di bawah ini!

Sponsored Ad

Awal mula masalah ini terjadi ketika CNN menuliskan sebuah artikel berjudul 50 makanan penutup terbaik di dunia. Dan mereka memasukan Es Cendol menjadi salah satu dari 50 makanan penutup terenak itu. Namun pernyataan tersebut tertulis “Pencuci mulut dingin ini dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara, tetapi dengan tambahan satu sendok kacang merah manis, camilan klasik milik Singapura tetap jadi yang paling lezat” nah kata “milik Singapura” lah yang membuat masyarakat malaysia terpancing emosinya.

Sponsored Ad

Rakyat Malaysia beramai-ramai membuat tweet bahwa cendol adalah makanan khas Malaysia bukan Singapura!

Sponsored Ad

Mendengar kalimat itu, mungkin kamu juga jadi terpancing untuk mengatakan bahwa cendol adalah milik Indonesia bukan? Sabar dulu! Kita telusuri asal-usulnya

Sebetulnya cendol berasal dari bahasa sunda “jendol” hal tersebut di beri nama jendol karena adanya sensasi jendolan saat butiran cendol masuk ke dalam mulut.

Yang jadi menarik adalah, ada salah seorang warga singapura yang memancing keributan dengan Indonesia dengan mengunggah status “Semua lah singapore punya ish. Indonesia tak nak claim cendol jugak ke?” daripada terjadi kesalah pahaman, ahli makanan Indonesia berkomentar bahwa “Cendol yang diperebutkan Malaysia Dan Singapura itu berbeda dengan yang ada di Indonesia”.

Sponsored Ad

Es Cendol tersebut lebih mirip es campur Indonesia, disajikan dalam mangkuk, diberi kacang merah, ditambah jagung manis, serta campuran gula kelapa atau santan. Sedangkan yang sering kita temukan di pinggir jalan Indonesia cendolnya lebih simpel. Es yang kadang disebut dawet ini dicampur santan, gula jawa, kadang diberi nangka dan daun pandan. Es Cendol sendiri juga banyak versinya loh, ada Cendol Ireng, Cendol Banjarnegara, atau Cendol Elizabeth di Bandung.

Sponsored Ad

Sebagai negara yang berasal dari satu rumpun yaitu melayu, seharusnya kita menjadi lebih bisa memahami bahwa jarak negara yang berdekatan sangat memungkinkan kita untuk memiliki budaya serta makanan khas yang sama atau mirip.

Intinya kedua negara ini berasal dari satu rumpun jadi boleh jadi memiliki budaya, makanan, dan tradisi yang sama. Nah makanya jangan asal mancing emosi atau marah-marah aja. Setelah membaca penjelasan diatas, semoga kamu bisa lebih paham ya!


Sumber : boombastis