Gajinya Rp 175 Juta Per Bulan, Tapi Anehnya Ia Dijuluki "Mantan Presiden Termiskin di Dunia"!

Di mata rakyat mungkin seorang presiden mempunyai harta yang melimpah karena gaji yang didapatnya sudah pasti besar. Namun pemikiran itu tidak berlaku untuk mantan presiden Uruguay ke-40, Jose Mujica dalam masa bakti 2010-2015.

Sponsored Ad

Jika selama ini kita melihat kesederhanaan Pak Jokowi selama menjabat sebagai presiden Indonesia, ternyata di luar negeri ada seorang presiden yang sederhana juga bahkan ia selalu menyumbangkan 80% gaji yang ia dapat untuk badan amal. Jose Mujica mendapat julukan presiden termiskin di dunia karena gaya hidup yang sangat sederhana.

Sponsored Ad

Sebagai presiden, Mujica mendapat gaji bulanan sebesar $ 12.000 atau sekitar Rp 175 juta. Namun ia hanya mengambil 20% dari gajinya dan menyumbangkan sisanya kepada badan amal. Harta satu-satunya selama ia menjabat pada tahun 2010 adalah Volkswagen Beetle tahun 1987. Gaya hidupnya yang membumi dan menolak tinggal di istana kepresidenan membuat dirinya sangat terkenal.

Sponsored Ad

Selesai menjabat sebagai presiden, Mujica masih mengabdi sebagai senator. Namun pada bulan Agustus lalu, Mujica mengundurkan diri dari keanggotaannya di senat Uruguay yang seharusnya ia masih menjabat hingga tahun 2020. Mujica mengundurkan diri karena alasan pribadi dan mengatakan telah ‘lelah setelah perjalanan panjang.’

Sponsored Ad

Motif untuk mengundurkan diri bersifat pribadi, saya menyebutnya sebagai ‘kelelahan setelah perjalanan panjang.’ Meskipun demikian, sementara pikiran saya bekerja, saya tidak dapat mengundurkan diri dari solidaritas dan pertarungan gagasan,” tulis Mujica dalam surat pengunduran dirinya.

Sebuah keputusan terakhir sebelum ia pensiun adalah ia menolak uang pensiun negara dan meminta agar uang itu digunakan untuk kepentingan seluruh rakyatnya. Wah! Rakyatnya pasti sangat mencintai mantan presiden ini. Semoga teladan Mujica dapat memberikan contoh baik bagi kita semua.

Sumber : Intisari