Sederet Orang Kaya RI Ramai-Ramai Bantu Rp 500 Miliar Tangani Corona, Ada Indofood Hingga Sinar Mas: "Ujian Terbesar Kebersamaan Kami"

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bersama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia turut membantu memerangi pandemi corona. Hal itu diwujudkan dengan penggalangan donasi sebesar Rp 500 miliar.

Bukan dalam bentuk uang, donasi sebesar itu berupa beberapa alat kesehatan yang diperlukan untuk menangani masalah corona. Tak hanya alat perlindungan diri (APD), namun juga alat bantu pernapasan hingga masker bahkan alat tes cepat atau rapid test.

Sponsored Ad

Para pengusaha tersebut menilai jika untuk menangani pandemi corona ini diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Pemerintah saja tidak cukup sehingga memerlukan bantuan dari luar. "Kami melihat Kementerian BUMN yang membawahi sejumlah entitas pelayanan publik mesti mendapatkan dukungan,” kata Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto di Kantor BUMN, Selasa (24/3).

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Sementara itu, Ketua Umum KADIN Rosan Roeslani berharap untuk ke depannya akan ada lebih banyak pengusaha swasta yang bergabung dalam donasi ini.

Sponsored Ad

Meski saat ini jumlah donasi sudah tinggi, namun menurutnya akan lebih baik jika ditingkatkan lagi. “Kami berharap, donasi berbagai perusahaan mampu menggalang pendanaan hingga sebesar Rp500 miliar, akan sangat baik jika mencapai lebih dari itu,” kata Rosan.

Lebih lanjut, KADIN akan melaporkan secara berkala terkait perkembangan donasi secara langsung ke Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Sebaliknya, pemerintah juga memfasilitasi para pengusaha melalui kelonggaran perizinan impor alat kesehatan untuk menangani pandemi corona.

Sponsored Ad

"Kami telah lama bersinergi dengan sektor usaha dalam aktivitas sosial dan filantropi, namun baru kali ini bekerja sama menghadapi pandemi," tutur Relawan Tzu Chi yang juga CEO DAAI TV Indonesia, Hong Tjhin. "Penanganan bersama Covid-19 adalah ujian terbesar kebersamaan kami."

Adapun sejumlah perusahaan yang ikut andil dalam donasi ini adalah Sinar Mas, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, dan Triputra Group.

Sumber: wow keren

Kamu Mungkin Suka