Tak Sekedar Melindungi Warga, Polisi Ini Lakukan Banyak "Hal Greget" yang Bikin Tersentuh

Sudah seharusnya setiap manusia melakukan kebaikan dalam kehidupannya. Perbuatan baik tidak harus dalam bentuk materi. Perhatian tulus dan tenaga juga dapat diberikan untuk membantu sesama. Namun tidak ada salahnya kita juga berbagi rezeki saat memiliki rezeki lebih.

Sponsored Ad

Seperti yang telah dilakukan oleh seorang polisi dermawan anggota dari Bhabinkamtibmas berpangkat Brigadir bernama Sandi Praja. Ia memiliki konsep membantu sesama secara berkelanjutan yang diberi nama Satu Bulan Satu Kebaikan. Program ini sudah ia jalani secara nyata.

Sponsored Ad

Berkat kegiatan sosial ini banyak orang yang tidak mampu merasa terbantu. Sandi mengaku selalu menyisihkan gajinya untuk menjalankan niat mulia itu, “Saya sisihkan gaji dan tunjangan kerja untuk buat dua pos berbeda. Yang satu untuk program Satu Bulan Satu Kebaikan, pos kedua untuk kegiatan-kegiatan besar yang memerlukan biaya tidak sedikit.”

Sponsored Ad

Ternyata kegiatan sosial ini telah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Saat Sandi bertugas sebagai anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cibadak, Polres Sukabumi. Dalam menerapkan aksi ini, Sandi sering mengunjungi beberapa kawasan dan mendengarkan cerita warganya tentang kondisi kehidupan mereka.

Sponsored Ad

Dari situ, Sandi dapat membantu seorang nenek bernama Mak Iyah yang tinggal seorang diri. “Mak Iyah tinggal di rumah gubuk hampir roboh. Atas laporan warga saya ke lokasi. Setelah memastikan, memang perlu saya bantu. Akhirnya saya membobol tabungan selama satu tahun untuk membangun rumah Mak Iyah,” ucap Sandi.

Sponsored Ad

Sandi pun tidak melupakan tugas utamanya sebagai seorang polisi yang bukan sekedar menjaga keamanan dan sebagai penegak hukum. Namun, Sandi juga melihat dan mendengar keluhan warga di sekitar wilayah tugasnya. “Kita berperan tidak hanya menjaga keamanan tapi menjaga kepercayaan masyarakat kepada lembaga. Semakin dekat dengan masyarakat, maka keamanan di lingkungan otomatis bisa kami lakukan dengan mudah. Ya, pintu masuknya melalui kegiatan sosial dan ini efektif,” ujar Sandi.

Sponsored Ad


 

Tak hanya Mak Iyah yang telah Sandi bantu, seorang warga bernama Mak Esih juga merasakan bantuan dari Sandi untuk memperbaiki rumahnya yang tidak layak lagi. Namun kini Sandi tidak sendiri, ia mengajak warga sekitar untuk berbuat kebaikan juga. Semua orang ikut bersama-sama melaksanakan tugas mulia ini.

Sponsored Ad

Saya ajak seluruh lapisan warga, berikut birokrasi di kecamatan dan desa. Bersama-sama rehab rumah Mak Esih. Saya juga bersyukur bisa mengajak orang lain untuk sama-sama berbuat kebaikan,” tutup Sandi dalam sebuah wawancara. Kisah Sandi ini memberikan contoh baik bagi setiap orang dengan melakukan kebaikan dimulai dari diri sendiri maka akan menularkan kepada sekitar untuk meneruskan kebaikan itu.


Sumber : Boombastis

Kamu Mungkin Suka