Jadi Ibu Rumah Tangga Itu Mesti Cerdas, Ini Dia “5 Trik Menyimpan Sayur" Biar Awet, Bikin Pengeluaran Makin Irit, Suami Makin Sayang Deh

Seringkali kita mendapati makanan cepat rusak atau basi meski sudah disimpan di lemari pendingin. Sebagai ibu yang cerdas, tentu kita harus tahu cara menyimpan bahan makanan agar tak terbuang sia-sia. Lalu, bagaimana cara menyimpan bahan makanan dengan benar? Yuk, buibu wajik kepoin informasi penting di bawah ini!

1. Atur ulang kemasan salad/sayur


Sayuran mungkin menjadi bahan makanan yang sering dibeli untuk kemudian disimpan dan dibuat salad.

Saat membeli sayuran di toko modern, seringkali sayur dibungkus dengan plastik. Untuk menjaganya tetap segar, kita bisa pindahkan sayur ke sebuah tempat atau mangkuk.

Setelah itu, tutup rapat sayur tersebut untuk menghindari adanya kelembapan yang memudahkan sayur atau salad cepat busuk.

2. Letakan bawang jauh dari cahaya

Sponsored Ad

Biasanya kita akan menyimpan bawang putih atau merah dalam keranjang bambu kecil. Nah, ternyata kebiasaan ini sudah baik. Karena selain mendapatkan sedikit udara, bawang-bawang tadi terjaga dari cahaya langsung. Bawang jadi makin awet dan gak cepat busuk deh!

3. Simpan potongan daun bawang dalam botol

Sponsored Ad


Penggunaan daun bawang dalam masakan tentu bisa menambah cita rasa. Tak jarang kita pun menyimpan irisan irisan daun bawang di lemari pendingin untuk memudahkan saat memasak.

Namun, untuk menjaganya tetap segar, kita bisa letakkan irisan daun bawang itu ke dalam botol, lalu simpan di freezer. Beli bawang daun gak perlu tiap hari lagi!

4. Gunakan alumunium foil untuk awetkan wortel

Sponsored Ad

Ternyata kita bisa menunda pembusukan wortel yang sudah dikupas hingga dua minggu loh. Caranya, kupas wortel yang kita punya, lalu simpan di lemari pendingin setelah sebelumnya dibungkus dengan alumunium foil.

5. Jangan mencuci buah hingga waktunya dikonsumsi

Kelembapan pada buah bisa mendorong pertumbuhan jamur. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kita tak usah mencuci buah jika kita tak ingin mengkonsumsinya dalam waktu dekat.

Yuk, kita coba langkah di atas agar bahan makanan yang kita simpan bisa bertahan lebih lama dan lebih irit belanja juga tentunya! 


Sumber: Intisari

Kamu Mungkin Suka