Ortu Wajib Baca! Terlalu Sering Pakai Gadget, Otak Anak Bisa "Begini"!

Tidak dipungkiri kemajuan teknologi memang berdampak besar dalam kehidupan manusia. Berkat kemajuan teknologi, banyak hal yang membuat kita jadi lebih mudah melakukannya. Salah satunya adalah gadget.

Sponsored Ad

Satu benda dengan sejuta manfaat ini sudah digunakan oleh hampir seluruh umat manusia di bumi ini. Mulai dari anak kecil yang belum bisa baca sampai kakek nenek semua bisa pakai gadget.

Sponsored Ad

Namun tahukah kamu kalau terlalu sering pakai gadget, otak anak bisa menipis?

Sebuah studi yang dilakukan Kementerian Kesehatan AS menemukan bahwa anak yang bermain dengan gadget lebih dari tujuh jam sehari bisa mengalami penipisan otak lebih cepat.

Jika seorang anak bermain gadget lebih dari 7 jam atau lebih dalam sehari, maka korteks otak mereka akan menipis sebelum waktunya.

Sponsored Ad

Diketahui jika korteks otak mereka menipis, maka anak-anak berisiko mengalami kerusakan fungsi memori, keterampilan persepsi, dan kemampuan kognitif. Korteks otak adalah lapisan terluar jaringan saraf yang memproses informasi dari dunia fisik.

Bagian ini sangat penting untuk fungsi-fungsi kognitif seperti persepsi, bahasa, ingatan dan kesadaran. Tetapi mulai menipis saat kita dewasa dan menjadi tua.

Sponsored Ad

Selain itu, dalam studi tersebut juga terungkap bahwa anak-anak yang kerap bermain games di ponsel, tablet atau gawai lainnya, selama dua jam sehari, punya skor kemampuan bahasa dan logika yang lebih rendah.

Hanya saja, para peneliti dalam penelitian ini menjelaskan bahwa orangtua jangan langsung menarik kesimpulan dan melarang anak-anaknya menggunakan gadget. Kita masih boleh memberikan anak kita waktu untuk bermain gadget tapi ada batasnya.

Sponsored Ad

Jika anak-anak kurang dari 10 tahun sudah kenal gadget, maka mereka akan menjadi kecanduan. Yang lebih ditakutkan lagi adalah ketika mereka sudah beranjak remaja dan akan mempengaruhi otaknya. Karena sudah kecanduan, maka hal ini akan mempengaruhi moodnya.

Jadi batasi anak dalam penggunaan gadget. Sebisa mungkin anak tidak setiap hari bermain gadget. Usahakan mereka hanya bermain hanya di akhir pekan dan itu pun maksimal hanya 2 jam saja.

Lebih perbanyak habiskan waktu bermain bersama anak yang menggunakan fisiknya, seperti bermain sepak bola, basket, catur atau kegiatan lainnya yang membuatnya aktif bergerak serta menggunakan otaknya untuk berpikir.

Sumber : bbc