Diam Diajak Duel Siswanya, Nur Khalim Cuma Digaji Rp 450 Ribu Sebulan, 1 Kalimat Darinya Ini Nyesek!

Beberapa hari yang lalu beredar sebuah video siswa SMP di Gresik yang mengajak duel seorang guru honorer bernama Nur Khalim (30) mendadak ramai diperbincangkan.

Sponsored Ad

Dalam video tersebut terlihat jelas bagaimana sikap sabar Nur Khalim, sang guru honorer, saat siswanya itu mengajak duel. Padahal dari kacamata publik, kelakuan siswa yang ajak duel sang guru honorer ini sangat tidak beretika. Banyak netizen yang mengecam perbuatan siswa yang diketahui berinisial AA (15) tersebut.

Berdasarkan sumber, siswa yang berinisial AA merupakan siswa kelas IX SMP PGRI Wringinanom, Gresik, Jawa Timur. AA tampak berkali-kali berbicara dengan nada menantang di hadapan sang guru.

Sponsored Ad

Bahkan, AA sampai berani memegang kerah baju sang guru. Tak cuma itu, berkali-kali AA memegang kerah baju Nur Khalim, serta memposisikan tangan kanannya seolah-olah hendak memukul wajah sang guru.

Sponsored Ad

Sempat Berani Tantang Guru Karena Ditegur Merok*k, Kini Siswa SMP di Gresik Itu Menangis Mohon Ampun Dari 32 murid yang ada di dalam kelas saat kejadian, tak ada satu pun yang melerai AA. Bahkan, beberapa di antara mereka ikut mentertawakan aksi tak terpuji AA itu. Di tengah keributan tersebut, tak banyak yang tahu tentang kehidupan Nur Khalim selama jadi guru honorer di SMP PGRI Wringinanom.

Nur Khalim mengaku bahwa sosok AA memang kerap membuat keributan. Ia juga disebut sering mengumpat dan berkata kasar di sekolah. Namun, bagi Nur Khalim bukan itu saja tantangan yang harus ia lewati setiap harinya saat mengajar di sekolah.

Sponsored Ad

Nur Khali sadar, salah satu tantangan bagi dirinya untuk jadi guru profesional adalah statusnya sebagai tenaga honorer. Ya, Nur Khalim memang telah menjadi staf pengajar di SMP PGRI Wringinanom selama lima tahun. Meski demikian, ia mengaku tetap bersyukur dengan segala yang telah ia miliki.

Sponsored Ad

"Disyukuri dan dijalani saja, meski hingga saat ini saya masih tenaga honorer yang gajinya itu hanya Rp 450.000 per bulan," ujar Nur Khalim.

Nur Khalim menyadari uang yang ia terima sebagai upahnya mendidik anak bangsa itu memang tidaklah cukup. Namun, sebagai guru ia ingin terus mendidik muridnya dengan ikhlas tanpa memikirkan isi duniawi.

"Kalau ngomong enggak cukup ya pastinya enggak cukup, tapi mau bagaimana lagi."

"Sebagai guru, kami tidak hanya mengejar duniawi tapi bagaimana pengabdian yang kami berikan," ujarnya.

Sponsored Ad

Nur Khalim bahkan telah memberikan maaf pada muridnya yang telah melakukan perbuatan tak terpuji padanya.

Sponsored Ad

Ya, setelah aksinya yang berani merok*k di kelas, mencemooh, menantang, menarik kerah baju dan memegang kepala gurunya sendiri ketahuan, AA hanya bisa keok saat bertemu lagi dengan Nur Khalim. Mereka dipertemukan oleh kepolisian Polsek Wringinanom. Kala itu AA hanya bisa tertunduk, menutupi wajahnya dengan topi hitam yang ia pakai, sambil duduk persis di samping Nur Khalim.

Sponsored Ad

Sempat Berani Tantang Guru Karena Ditegur Merok*k, Kini Siswa SMP di Gresik Itu Menangis Minta Ampun. Pertemuan tersebut dihadiri kedua orang tua AA, Kapolsek Wringinanom AKP Supiyan, Kepala Sekolah PGRI Gresik, Satgas PPA, hingga perwakilan dari Kementrian Sosial dan DPRD Gresik.

AA tak henti-hentinya mencium tangan gurunya sembari meneteskan air mata. Tak cuma itu, AA yang menangis sampai mencium kaki sang guru. Melihat siswanya tersebut, Nur Khalim pun memaafkan AA.

Sponsored Ad

Ia juga mengaku sudah memaafkan AA sejak jauh-jauh hari. Nur Khalim meminta agar masalah ini tidak dibiarkan berlarut-larut.

"Saya sudah memaafkan sejak jauh-jauh hari, permasalahan ini cepat selesai," pungkas Nur Khalim.

Duh, miris ya. Semoga kejadian seperti ini tdak pernah terjadi lagi, dan untuk kita para orangtua jangan sepenuhnya menyerahkan anak kita ke pihak sekolah. Karena mau bagaimanapun yang memiliki peranan terpenting dan terbesar dalam mendidik anak adalah orangtuanya sendiri khususnya dalam sikap, sopan santun, etika, dll. Kita doakan juga semoga pak guru yang super sabar ini selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang cukup ya.


Sumber: Grid