Netter Temukan Sederet Keganjilan Produk Jamu Syahrini! Dari PT yang Tak Punya Izin BPOM, Label Halal Hingga Disebut Aman Untuk Bumil!

 Jumlah pasien positif virus Corona di Indonesia semakin bertambah. Berbagai upaya pun dilakukan untuk meminimalisir penularan virus ini. Penyanyi cantik Syahrini rupanya tidak mau berdiam diri. Ia diketahui menjual minuman tradisional atau jamu.

Jamu Khatuliswa bermerek "Bu Cetarrr" itu terbuat dari rempah-rempah pilihan seperti jahe merah, kunyit dan temulawak. Minuman ini begitu spesial lantaran mengandung madu ala-ala Syahrini yang dinamai "Madu Syahoney".

Sponsored Ad

Adik Syahrini, Aisyahrani, bahkan sempat memamerkan proses pembuatan jamu tersebut. Dengan menggunakan bahan-bahan pilihan, satu botol jamu ini dijual dengan harga Rp55 ribu.

Namun siapa sangka, netter rupanya menemukan keganjilan terkait jamu Syahrini ini. Salah seorang netter membongkar jika ada admin akun "Bu Cetarrr" yang menyebut jamunya aman dikonsumsi ibu hamil.

Sedangkan faktanya, jamu berbahan kunyit tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Dilansir popmama.com, jamu seperti kunyit asam bisa mengakibatkan gangguan pada janin. Apalagi jika sudah mengonsumsi kunyit lebih dari 500mg setiap harinya.

Sponsored Ad

"Jadi kemaren ada yang tanya di lapaknya Bu Cetar itu aman gak buat bumil? Terus dijawab adminnya aman kok.. langsung saya bombardir.. kunyit apapun jamunya TIDAK BOLEH UNTUK IBU HAMIL!!!" ujar akun netter itu. "Karena kunyit dalam peredaran darah akan bertindak sama seperti hormon estrogen bisa merangsang kontraksi dan pendarahan rahim."

"Makanya kunyit asam dianjurkan untuk yang lagi HAID SAJA atau sedang tidak hamil. Dengan penjelasan panjang lebar akhirnya komentar itu tiba-tiba dihapus.." lanjut netter. "Emang mau JAMIN ORANG KALAU KEGUGURAN BU CETAR ITU???? Sayang gak sempet screenshot."

Sponsored Ad

Netter lainnya pun langsung geger. Izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan RI pun dipertanyakan netter.

"Mereka mengklaim bisnis'y dgn sebutan PT hrs'y da ijin BPOM doooongggg," komentar akun @talit***haa_20. "Efek jualan karena aji mumpung .Seharusnya buat usaha hrs menguasai dlu produk yg akan di pasarkan," sahut akun @hryan***ahman. "Lebel halal aja kagak ada dijamu nya," balas akun @glory***ory_.

Sponsored Ad

"Kan udah dibilang min dagang ny asal jadi duit, asal keliatan bisnis ny dimana2, mana ada konsepnya apalagi ijin BPOM," timpal akun @ms.jy***ari. "Memang produk2 mereka sudah lolos BPOM ya, min? Kalau belum kan gak bisa diedar, kecuali produk UMKM, itu juga biasanya dibawah pengawasan yang berwenang," tambah pemilik akun @maja_cc***ity.

Dari hasil penelusuran di situs resmi BPOM, cekbpom.pom.go.id/ pada Selasa (24/3), nama produk atau merk "Bu Cetarrr" rupanya tidak ditemukan. Hasil pencarian tidak menemukan kata kunci tersebut.

Lantas, benarkah produk Syahrini masih belum mendapat izin BPOM? Bagaimana tanggapan pihak Syahrini tentang penemuan netter ini? Sayang, hingga kini masih belum ada komentar apapun dari Syahrini.


Sumber: Wowkeren

Kamu Mungkin Suka