"14 Mitos Kecantikan" Ini Ternyata TIDAK BENAR! #8, Makin Lakuin, Makin Cepet Tua!

Ada pepatah mengatakan bahwa, "Di dunia ini tidak ada wanita jelek, yang ada hanyalah wanita malas." 

Sponsored Ad

Bila ingin cantik, wanita bisa mempercantik diri dengan usaha seperti berdandan, olahraga, bersikap positif, dan lainnya. Namun banyak sekali mitos kecantikan wanita yang ternyata keliru total. Apa saja sih mitos-mitos itu?

1.Dandan setiap hari dapat merusak kulit wajah

Faktanya, yang merusak kulit wajah itu bukanlah karena "make up" yang dipakai setiap hari, melainkan pada kebersihan wajah kamu. Setiap malam, setelah aktivitas sehari-hari kamu sudah berakhir, apa kamu sudah membersihkan wajah secara maksimal? Bila tidak, "kotoran" yang tersisa di wajah itulah yang akan merusak kulitmu, menyebabkan terjadinya jerawat dan penuaan dini. 

Sponsored Ad

2.Produk makeup yang mengandung kata "HYPO Allergenic", berarti aman untuk semua kulit, termasuk kulit sensitif.

Sponsored Ad

Faktanya, produk yang mengklaim bahwa produk mereka "cocok untuk segala kulit" hanya mengurangi kadar alkohol atau zat lain yang tidak cocok dengan kulit sensitif.

Sponsored Ad

Satu zat yang satu-satunya bisa cocok dengan segala kulit adalah AIR. Segala macam produk perawatan ataupun makeup masih harus dicek kandungannya, dan tidak semua produk berlabel "cocok semua kulit" benar-benar cocok untuk semua kulit.

3.Produk pelembab tidak bisa mencegah penuaan dini

Sponsored Ad

Kini banyak produk skincare yang mengandung zat yang efektif mencegah penuaan dini. Namun saat memilih produk, pilihlah produk yang mengandung zat yang aman untuk kulit.

4.Kulit akan terbiasa dengan skincare yang dipakai dalam waktu lama. Bila dipakai terus-terusan skincare itu tidak akan berefek lagi pada kulit. 

Sponsored Ad

Mitos ini adalah kekeliruan besar. Dalam memakai produk skincare kita harus bersabar dan memakainya dalam jangka lama agar berefek pada kulit.  Ada yang harus memakainya selama 2 bulan baru kelihatan efeknya, ada juga yang harus memakainya 6 bulan baru terlihat. Semua itu masih tergantung pada reaksi kulit kita masing-masing.

5.Memakai krim harus dari arah bawah pijat ke atas, atau dengan gaya jari memutar

Sponsored Ad

Banyak orang mempercayai cara oles ini, namun sebenarnya gerakan ini tidak terlalu berefek pada kulit.

6.Banyak minum air dapat mencegah keriput

Sponsored Ad

Banyak orang percaya bahwa minum air dapat mencegah atau menghilangkan keriput, namun sebenarnya mitos ini sampai sekarang belum terbukti. Kulit luar kita sebenarnya terdiri dari banyak sel-sel kulit mati, karena itu, tidak mungkin sel kulit mati itu bisa menyerap air dari dalam tubuh kita.

7.Olahraga wajah dapat mencegah terjadinya keriput

Sponsored Ad

Wajah kita adalah satu-satunya bagian tubuh yang menempel langsung dengan otot wajah. Karena itu, olahraga wajah tidak akan bisa membantu menghilangkan keriputmu.

8.Saat jerawatan, berjemurlah agar jerawat cepat mengering.

Matahari mungkin dapat membuatmu kulitmu dan jerawat cepat mengering. Namun kulit yang terjemur matahari dalam jangka waktu lama akan rusak dan timbul masalah kulit baru.

9.Kulit hitam paparan matahari adalah kulit yang sehat.

Kulit yang menghitam karena matahari adalah respon dari kulit untuk melindungi pengrusakan dari matahari. Karena itu, kulit yang berwarna kehitaman menandakan kulitmu sudah mengalami kerusakan dan sedang melakukan perlawanan. 

10.Melaser tahi lalat berbahaya bagi kesehatan

Tahi lalat adalah bintik kecil berwarna cokelat atau agak kehitaman di atas permukaan kulit yang terbentuk karena pengelompokan sel penghasil zat warna kulit bernama melanosit. Kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya, namun ada juga tahi lalat yang bisa berubah menjadi berbahaya.


11.Mengusap kulit wajah dengan es batu

Mengusap kulit pada es batu tidak selalu cocok pada seluruh jenis kulit. Suhu rendah es batu malah akan merusak kulit wajah dan berpengaruh pada peredaran darah. Bagi kamu yang berkulit wajah kering lebih baik jangan menggunakan cara ini. Sedangkan untuk kulit wajah lain sebaiknya tidak menggunakan cara ini berlebihan.

12.Rambut akan cepat panjang bila sering potong rambut

Memotong rambut sama sekali tidak akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut sebenarnya berasal dari akar rambut, dan memotong rambut hanya akan mencegah rambut pecah-pecah atau bercabang.


13.Setelah makan harus gosok gigi

Faktanya, gosok gigi langsung setelah makan malah berpengaruh pada kesehatan tubuh. Berikan jeda minimal 30 menit setelah makan untuk menggosoknya.

14.Mengecat kuku akan merusak kuku karena tidak bisa bernafas.

Faktanya, kuku tidak bernafas dan tidak memerlukan oksigen. Asupan oksigen yang dibutuhkan kuku telah didapat dari aliran darah.

Sumber: hello