Ia Temukan "Bola Putih" di Hutan! Begitu Dibawa Pulang, Kakek: "Ini BERHARGA!"

Xiaolan adalah seorang gadis yang suka berpetualang. Setiap tahun, ia akan menyisihkan waktu untuk pergi berlibur ke beberapa tempat yang indah. Hari ini, ia pergi ke sebuah hutan lebat dan menemukan hal menarik di sana!

Sponsored Ad

Pada waktu itu, hutan memancarkan suasana unik setelah hujan, Xiaolan menyusuri jalan berlumpur menuju puncak gunung untuk melihat pelangi setelah hujan turun. Tapi, perhatiannya tiba-tiba tertarik pada sebuah objek putih dari kejauhan. Waktu Xiaolan mendekat ke sana, ia melihat ada banyak bola-bola putih dan mirip sama telur.


Sponsored Ad

Penampilan objek itu sangat lucu dan sejak kecil Xiaolan sudah suka sama hewan kecil, jadi ketika melihat telur ini, ia langsung mengira ini adalah telur bebek. Akhirnya, tanpa pikir panjang, Xiaolan memutuskan untuk membawa pulang telur ini ke rumah. Siapa tahu bisa menetas dan keluar anak bebek.


Sponsored Ad

Tapi, kenyataannya berbanding terbalik dengan pikiran Xiaolan. Saat hendak mengambil telur ini, ia baru sadar telur ini ada akarnya! Meskipun akarnya kecil, tapi menancap ke dalam tanah dan permukaan telur bebek ini tidak rata, ada banyak retakan dan malah mirip batu.


Sponsored Ad

Xiaolan sering liburan dan melihat lebih banyak hal daripada orang lain, tapi objek putih ini adalah yang pertama kali dia lihat. Akhirnya, Xiaolan memotret beberapa foto dari objek ini dan membawanya pulang ke rumah. Dan yang bikin gak nyangka adalah kakeknya Xiaolan tahu objek apa ini! Dan bahkan kakeknya tertawa mengatakan bahwa Xiaolan sudah memungut barang berharga.

Sponsored Ad

Ternyata objek ini bukan telur bebek ataupun batu, ini adalah sejenis jamur yang bernama puff-ball (Calvatia Gigantea), biasanya muncul setelah hujan. Bagian luarnya ada ada lapisan putih tipis. Setelah kulit putih tipis itu sobek, akan muncul serbuk berwarna abu kehitaman.

Sponsored Ad

Puffball ini gak cuma bentuknya lucu, tapi punya banyak manfaat untuk medis. Bahkan bisa digunakan untuk melawan k*nker.

Kakek memberitahu Xiaolan bahwa waktu kakek kecil, banyak penduduk desa yang sengaja memetik jamur ini untuk dimasak, namun karena masalah lingkungan, jamur ini jadi semakin langka dan seperti punah. Dimana-mana sudah tidak dijual jamur seperti ini lagi. Mendengar ini, Xiaolan sangat senang karena dia bisa menemukan sesuatu langka!

Sponsored Ad

Untuk teman-teman yang suka mengeksplor tempat-tempat baru, Xiaolan berpesan bahwa keselamatan adalah yang utama. Kalau ketemu objek-objek aneh, sebaiknya jangan langsung disentuh karena takutnya beracun. Untung saja jamur yang ditemui Xiaolan ini tidak beracun.

Sumber: 17moveon