Dulu Anakku Tidak Mau Pergi Sekolah. Tapi Setelah Kulakukan "4 Cara" Ini, Ia Jadi Betah di Sekolah!

Kemarin aku bertemu dengan seorang anak SD, padahal satu semester sudah berlalu, tapi ia masih takut dan malas pergi ke sekolah. Bahkan orangtua dari anak ini kesal dan kehabisan cara untuk menyekolahkan anaknya.

 

Sponsored Ad

Oleh sebab itu, agar anak-anak bisa pergi sekolah dengan perasaan bahagia, orangtua harus melakukan hal ini:

 1. Mengajarkan anak untuk percaya pada gurunya

 相關圖片

Sebagai orangtua kita harus mengerti kecemasan anak, dan mengijinkan gurunya yang memberikan rasa aman. Sebagai contoh, ayah dan ibu kita bisa berkata “Hari ini ayah ibu akan meminta guru Lisa yang akan mengajarimu. Ada masalah apa-apa kamu bisa kasih tahu dia ya!”

 2. Diskusi cara perpisahan yang tepat

Sponsored Ad

「anak tidak mau sekolah」的圖片搜尋結果

Kita sering terburu-buru untuk mengirim anak-anak mereka ke sekolah. Tapi sebagai orangtua kita bisa rundingan dulu dengan anak, cara perpisahan yang terbaik saat mengirim anak ke sekolah. Jangan hanya memberi pelukan pada anak saja, tapi juga antar sampai ia bertemu gurunya!

3. Tenangkan emosi anak

 

Sponsored Ad

Setibanya di sekolah saat anak mulai merasa gelisah, kebanyakan orangtua mulai memberikan penghiburan. Namun beberapa anak, malah akan menghindarinya. Saat ini anak sedang dalam emosinya, jadi cara terbaik orangtua harus menemaninya terlebih dahulu sampai ia tenang.

4.Tanyakan tentang keadaan sekolahnya.


Sponsored Ad

Banyak anak suka berbagi cerita tentang pengalamannya di sekolah, namun ada juga anak-anak yang lebih diam dan tidak mau membagikan ceritanya. Oleh sebab itu kita bisa pergi ke sekolahnyadan mengamati perkembangan anak.

Misalnya “mama hari ini melihat kamu sedang menggambar, dan bagaimana kamu bisa menggambar mobil itu dengan baik? Bukannya kamu lebih suka pesawat terbang?” Dari pancingan-pancingan ini mengajarkan anak untuk terbuka dan kita sendiri bisa melihat sendiri perkembangan sang anak.

Apakah anak kalian memiliki masalah tidak berani pergi ke sekolah?

Sumber: Funlive  

Kamu Mungkin Suka