“Produk Pemutih Instan” Amankah? Penjelasannya Bakal Bikin Kamu Terhenyak!

Kebanyakan wanita Indonesia entah mengapa selalu ingin memiliki kulit yang putih. Meskipun itu bukan standar kecantikan yang mutlak tapi sepertinya kebanyakan orang Indonesia telah termakan dengan iklan pemutih kulit. 

Sponsored Ad

Bahkan sekarang sudah banyak beredar di pasaran produk pemutih kulit instan. Tapi benarkah produk-produk ini benar-benar aman? Yuk simak 4 fakta dan penjelasannya ini.

1.Produk pemutih kulit sangat laris di Indonesia apalagi dengan embel-embel memutihkan secara instan

Wanita berkulit putih terlihat cantik bagi kebanyakan orang Asia. Begitu lah standar kecantikan di sini. Maka tak heran jika produk pemutih kulit sangat laris. Sebuah jurnal menyebutkan bahwa Asia adalah salah satu pasar terbesar produk pemutih kulit.

Sponsored Ad

2.Agar bisa membuat kulit tampak lebih putih, produk pemutih kulit bekerja dengan mencegah terbentuknya zat pewarna kulit. Hasilnya, warna kulit seolah dimanipulasi

Manusia memiliki pigmen atau melanin yang membuat mereka memiliki warna kulit berbeda-beda, ada yang gelap ada yang putih. Nah, pemutih kulit ini berfungsi menghalangi pembentukan pigmen kulit gelap yang berlebihan. Caranya dengan memanipulasi pembentukan pigmen kulit di daerah yang diberi krim pemutih kulit. Jadi tau kan kenapa ada orang yang kulit wajahnya lebih putih daripada kulit badannya.

Sponsored Ad

3.Ada macam-macam zat yang dicampur untuk membuat kulit putih dan tidak semua aman untuk kesehatan

Sponsored Ad

Suplemen yang bisa mencerahkan warna kulit di antaranya adalah glutation, vitamin C dan kedelai. Nah, ada pula zat kimia lain yang ditambahkan seperti steroid, merkuri dan hidrokuinon yang tidak baik bagi tubuh.

4.Yang paling mengerikan adalah jika produk yang kita beli ternyata abal-abal. Tidak jelas merk dan campuran komposisinya

Biar nggak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya hindari produk pemutih kulit instan yang komposisinya nggak jelas bahkan nggak terdaftar di BPOM. Sebaiknya cek dulu di website Cek BPOM.

Nah, sekarang sudah tau kan? Nggak ada yang salah sih dengan melakukan perawatan kecantikan. Tidak semua krim pemutih buruk atau berdampak negatif dalam jangka panjang. Namun, sebaiknya pastikan sudah dapat izin dari BPOM ya.  


Sumber: Hipwee

Kamu Mungkin Suka