MPR Berikan Penjelasan Setelah Viral Pesan Berantai Meminta Sumbangan Pada Masyarakat!

Banyak warga yang kebingungan dengan adanya SMS yang meminta donasi dari MPR RI.

Penggalangan yang dilakukan via Kitabisa

Sponsored Ad

Adapun sejumlah tangkapan layar terkait SMS penggalangan dana tersebut terlihat dibagikan warganet melalui media sosial. Dalam tangkapan yang tersebar di media sosial tersebut terlihat sebuah pesan dari MPR Peduli berbunyi: “Mari gotong-royong melalui MPR RI PEDULI melawan Covid-19 dengan donasi nyata di *811#,”

Berbagai tanggapan terkait penggalangan dana itu muncul. Selain mempertanyakan kebenaran aksi penggalangan dana tersebut, warganet juga menganggap aksi tersebut kurang pantas dilakukan, karena MPR seolah seperti meminta sumbangan dari rakyat. “Izin bertanya @MPRRI @fpks_mprri @DPR_RI Apkh benar MPR RI dn BPIP menggalang dana peduli covid 19 via SMS dn Kitabisa? Lembaga negara jadi lembaga sosial? Kerja pejabat bikin kebijakan dari APBN utk rakyat. Bukan minta dana dari rakyat. @ronavioleta,”  tulis akun @WulanSaroso

Sponsored Ad

Ceritanya orang awam.dikirain aq lngsng dapat sumbangan dr MPRRI&BPIP. gk taunya mereka minta sumbangan,” tulis akun lain @PETUALANGBORNE1 " Donasi bahasanya di perhalus, coba di tulis "telkomsel dan MPR minta SUMBANGAN MASYARAKAT" kira2 malu ga," tulis akun @tiaklose7. "MPR guys juga minta sumbangan Padahal rakyat yang seharusnya di sumbang Miris sih gaji fantastis mereka pada kemana?? Giliran ke rakyat minta donasi, padahal ekonomi rakyat masih banyak di bawah jauh pas-pasan di tambah wabah dan banyaknya PHK" ujar @Sawihijauputih

Sponsored Ad

Terkait dengan hal tersebut Kompas mengonfirmasi kebenaran adanya penggalangan dana yang diadakan oleh MPR dan BPIP melalui SMS dan Kitasbisa Saat dihubungi Kompas Minggu (3/5/2020) Wakil Ketua MPR dari fraksi PPP, Arsul Sani  membenarkan hal tersebut. “Betul, ini sudah berlangsung lebih dari 2 minggu, semua donasi yang masuk juga bisa diketahui di situ,” ujar Arsul saat dihubungi Kompas Minggu (3/5/2020). Saat dimintai tanggapannya terkait pandangan miring beberapa warganet, Arsul mengatakan, semua pimpinan MPR telah ikut berdonasi.

Sponsored Ad

“Kalau Anda cek, di web donasi tersebut, semua pimpinan MPR telah berdonasi. Jadi bukan pimpinan MPR meminta donasi, tetapi mengajak masyarakat berdonasi sebagai bagian dari empati kepada kelompok masyarakat yang terdampak berat dengan Covid-19 ini,” terang Arsul. Terkait dengan kekhawatiran warganet, dana tersebut nantinya akan diberikan ke masyarakat atas nama MPR, Arsul membantah hal tersebut. “Hasil donasinya tidak dikelola oleh MPR tapi langsung oleh Telkomsel dan mitra yang bekerja sama, langsung disalurkan,” ujar dia. Arsul menegaskan donasi tersebut bukanlah sebuah paksaan.


Sumber : Kompas 

Kamu Mungkin Suka