Apakah Bumi Akan Tetap Aman?! Para Ahli Menyatakan Bahwa Benda Ini Mampu Merusak Bumi Jika Ia Mendekat!

Jika hal ini benar-benar terjadi mungkin bumi akan benar-benar punah…
Sponsored Ad

Para ahli di NASA menyatakan sebuah berita penting bersamaan dengan munculnya hasil penelitian dari ahli astronomi kerajaan Inggris. NASA menaruh perhatian mereka pada jalur rotasi Jupiter dan asteroid-asteroid kecil. Hal ini dikembangkan dari pengetahuan para ahli tentang asteroid besar Centaurs yang sudah ada sejak lama.

Sponsored Ad

Kita tahu bahwa energi yang dihasilkan oleh benturan asteroid ke bumi mampu berdampak pada kepunahan dinosaurus. Jika asteroid dengan ukuran yang hampir sama menyerang bumi sekali lagi, bumi akan mengalami masalah yang sangat besar.

Centaurs adalah sebuah asteroid yang dibentuk dari sebuah bongkahan es besar dan debu luar angkasa. Orbit dari asteroid dengan diameter sebesar 100 kilometer ini diketahui berjarak sangat jauh jika diukur dari matahari dengan jarak bahkan lebih jauh jika dibandingkan dengan Neptunus. Sebuah asteroid Centaurs ini bahkan memiliki ukuran dan akan memberikan dampak yang lebih besar terhadap bumi dibandingkan dengan asteroid-asteroid yang ada di sekitar bumi. Tidak hanya itu, orbit dari asteroid ini diketahui melewati orbit-orbit Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Pluto.

Para ahli mengatakan, dalam keadaan dan kemungkinan yang sangat jarang, gaya gravitasi dari planet-planet yang ada mampu melemparkan asteroid-asteroid ini sampai mendekati bumi. Walaupun kemungkinan ini ada, namun para ahli menyatakan bahwa kemungkinan ini sangatlah kecil. Mereka memperkirakan hal ini baru akan terjadi antara 40,000-100,000 tahun sekali.

Sponsored Ad

Semakin mendekatnya asteroid dengan matahari, asteroid-asteroid tersebut akan mudah pecah menjadi pecahan-pecahan asteroid kecil yang akhirnya akan menimbulkan hal-hal yang berbahaya bagi bumi. Menurut hasil penelitian dari tim astronomi kerajaan Inggirs, asteroid dengan ukuran sebesar itu akan menimbulkan bencana besar di bumi selama lebih dari 100,000 tahun jika ia meledak.

NASA dan tim astronomi kerajaan Inggris berhasil menemukan orbit pasti dari asteroid Centaur ini. Dari denah yang mereka dapatkan, kita dapat melihat bahwa asteroid ini berorbit diluar Jupiter. Selain itu para ahli memperkirakan jika asteroid-asteroid besar ini terlempar keluar dari orbit mereka, masalah yang sangat serius akan terjadi.

Saat ini NASA sedang melakukan sebuah eksperimen untuk mengubah orbit asteroid-asteroid ataupun pecahan-pecahan kecil yang menuju bumi sehingga mereka bisa dijauhkan dari bumi.

Sponsored Ad