Banyak Orang Nggak Tahu Lubang Kecil di HP Ini Buat Apa! Hati-Hati Lho Jangan Sembarangan di Colok!

Asyik Cerpen jadi tambah pinter!
Sponsored Ad

Percaya nggak percaya, rasanya handphone di kehidupan sekarang ini nggak bisa jauh dari badan kita. Nggak peduli apakah gara-gara kerja, main, ataupun komunikasi, handphone jadi benda penting yang bisa melakukan semua itu. Ditambah dengan ukurannya yang kecil sehingga gampang dibawa kemanapun, belanja dan makan bisa dikerjakan tanpa buru-buru. Banyak yang bisa memaksimalkan pemakaian handphone dalam banyak keadaan!

Sponsored Ad

Setelah berkutat dengan handphone sekian lama, Sobat Cerpen pasti sadar dengan beberapa lubang kecil yang ada di pinggiran handphone. Jenis handphone yang berbeda memiliki posisi lubang yang berbeda pastinya. Ada yang di samping, ada yang diatas. Pertanyaannya, Sobat Cerpen, apakah kamu tahu apa gunanya lubang-lubang kecil ini? Menghindari overheat? Desain yang sia-sia? Yuk lihat jawabannya dibawah ini!

Sponsored Ad

Sudah ketebak? Jawabannya adalah, "Microphone kedua yang akan mengurangi kebisingan!"

Banyak smartphone baru-baru ini yang memiliki 2 buah microphone. Microphone utama biasanya ada di bagian bawah dari handphone untuk mempermudah suara dari pembicara sampai ke pendengar. Tapi hal ini pastinya akan membuat suara bising dari lingkungan sekitar juga terkirim ke penerima sehingga kualitas telepon menjadi buruk.

Sponsored Ad

Nah inilah saat microphone suporter beraksi! Lubang kecil misterius inilah microphone suporter yang dimaksud. Teknologi yang menggunakan 2 mic seperti ini sering dikenal dengan 2 microphone noise supression. Karena microphone utama dan microphone suporter sama-sama menangkap suara dari luar, bunyi yang dihasilkan biasanya memiliki perbedaan 6dB (desibel) dan saat hal ini terjadi, handphone akan secara otomatis mengantarkan gelombang suara yang berlawanan dengan suara bising sehingga suara bising dari lingkungan bisa dikurangi dengan drastis, membuat penerima telepon kita bisa mendengarkan suara kita dengan jelas walaupun kita berada di lingkungan yang cukup bising.

Nah untuk memaksimalkan kerja kedua microphone ini, tentunya mereka tidak bisa dipasang terlalu berdekatan. Kalau terlalu berdekatan, gelombang suara yang mereka terima akan sama dan suara-suara bising akan tetap ada dan fungsi dari microphone ini akan sirna!

Wah ternyata lubang kecil di handphone itu ada gunanya! Kayaknya segala sesuatu yang ada itu nggak diciptakan sia-sia ya!


Sponsored Ad