Kakek Ini Sejak 6 Tahun Hidup di Dalam "Paru-paru Besi", Tapi Kamu Akan Kagum Melihat Apa yang Ia Lakukan Dalam Hidupnya!

Nggak kebayang kan gimana hidupnya? Tapi hebat banget yah!
Sponsored Ad

Pastinya nggak banyak kan orang yang pernah mendengar yang namanya 「Paru-paru besi」 atau Iron Lung. Alat seperti ini bukan alat kesehatan yang kecil, tapi alat seperti tabung yang amat besar. Pasien yang terkena penyakit polio akan berbaring di dalam sini dan hanya bagian kepalanya saja yang keluar. Di dalam tabung ini terdapat tekanan udara yang bisa memaksa paru-paru untuk bernapas agar bisa bertahan hidup. Seorang pria asal Texas bernama Paul Alexander yang berusia 68 tahun harus bertahan hidup dari alat ini.

Sponsored Ad

Dia lahir di tahun 1950 dan sejak berusia 6 tahun, dia terinfeksi polio, untungnya dokter segera menyelamatkannya lewat paru-paru besi ini, kalau tidak bisa saja dia sudah kehilangan nyawanya. Tahun 1960 lalu, vaksin polio ditemukan dan semakin sedikit orang yang membutuhkan paru-paru besi ini. Sekarang ini cuman ada 10 orang di dunia yang hidup lewat paru-paru besi seperti ini. Salah satunya adalah Alexander.


Walaupun sudah berada di dalam sini lebih dari 60 tahun, tapi Alexander tidak pernah menyerah. Dia menghabiskan waktu 10 tahun untuk memaksakan dirinya bisa menarik nafas sehingga ia bisa meninggalkan paru-paru besi sementara waktu dan duduk di atas kursi roda dan berjalan-jalan.


Menggunakan waktu-waktu di luar paru-paru besi ini, ia menyelesaikan sekolahnya di University of Texas dan mendapatkan sarjana hukum. Ia mendapatkan izin sebagai pengacara dan mulai magang. Dia juga menulis buku berdasarkan pengalamannya dan berharap suatu hari nanti bisa menjadi duta internasional untuk polio.


Biasanya Alexander menggunakan sebuah batang plastik untuk menggunakan keyboard dan komputer, bahkan mengangkat telepon. Dia menaruh batang ini di mulutnya, sedangkan untuk melakukan beberapa kegiatan, dia membutuhkan seorang asisten, apalagi kalau pergi ke tempat yang lebih jauh dari rumahnya. Dia membawa paru-paru besi ini di sampingnya. Dia pernah berkata, paru-paru besi ini adalah penjaranya, tetapi juga kepompongnya. Tanpa mesin besar ini, dia tidak bisa hidup sampai hari ini. Benar-benar seorang kakek yang sangat hebat yah!

Sponsored Ad