Orang Berpikir Sayur Harus Dingin Baru Boleh Masuk Kulkas, Ternyata "Kesalahan" Ini Membahayakan 20 Tahun Kesehatan Kita!

Wah baru tau ini..
Sponsored Ad

Seringnya kita pasti berpikir kalau sayur sisa itu harus dimasukin ke dalam kulkas, hal ini sepertinya sangat sederhana dan nggak perlu pengertian yang lebih banyak lagi. Banyak orang merasa kalau sayur yang masih panas dimasukkan ke dalam kulkas akan tidak baik, jadi kebanyakan orang akan menunggu sampai sayur dingin baru dimasukkan ke dalam kulkas. Padahal hal ini ternyata membahayakan lho!

Sponsored Ad

Waktu sayur baru dimasak, suhunya akan mulai turun perlahan dari 100 derajat, sampai di suhu 60 derajat, maka kuman penyakit akan mulai berkembang, sampai suhu 30-40 derajat, akan semakin kuat berkembang, sampai ke suhu 7 derajat, para kuman itu akan masuk ke dalam tidur panjang. Tandanya, seluruh sayur kita sudah terkena kuman!


Biasanya, suhu kulkas hanya sampai 4 derajat saja, kalau sayur sisa sudah lebih lama terkena udara, maka bakteri dan kuman akan lebih mudah tumbuh. Justru semakin cepat memasukan makanan sisa ke dalam kulkas akan lebih baik untuk pengawetan makanan. WHO pernah menyarankan kalau penyimpanan makanan di suhu kamar tidak lebih dari dua jam, karena akan sangat banyak bakteri bahkan lebih dari yang kamu bayangkan.


Sponsored Ad

Menaruh makanan panas ke dalam kulkas bisa menambah beban lemari es, mempengaruhi pengoperasian kulkas dan merusak makanan. Sepertinya memang sangat wajar, tapi kenyataannya tidak sebegitunya.


Asalkan sebelum dimasukkan kulkas, semua sayur ditutup rapat sebenarnya semua tidak masalah, hal ini bisa melindungi sayur dari kuman dan juga bau busuk.


Kalau kamu memasak terlalu banyak sayur sampai tidak termakan habis, sebaiknya memang langsung dipisahkan begitu selesai masak dan menyimpan sebagian di dalam kulkas. Selain itu, makanan sisa hanya bisa bertahan selama 3 hari saja, dan ingat untuk menghangatkannya lagi sebelum dimakan.



Sponsored Ad