Mahasiswi Ini Tidak Sengaja Menciptakan "Baterai yang Tahan 400 Tahun" Tanpa Rusak Sama Sekali!!

Wihh ini penemuan keren!
Sponsored Ad

Di University of California, para peneliti awalnya ingin merancang nanoteknologi yang berguna untuk kabel pengisian dari baterai isi ulang, tapi mereka tanpa sengaja malah menemukan sebuah baterai yang daya tahannya bisa diisi ulang sampai 400 tahun!!

Sponsored Ad

Kawat nano memang merupakan konduktor yang baik karena permukaannya yang memiliki cukup elektron. Sayangnya, mereka sangat rapuh dan biasanya akan rusah setelah pengisian ulang beberapa kali. Karena itulah kelompok mahasiswi S3 Mya Le Thai mencoba untuk menyelidiki kawat nano emas ini.


Ini adalah kawat nano yang direndam dalam cairan elektrolit. Bagian berwarna coklat muda adalah larutan elektrolit khusus, sedangkan warna coklat tua adalah bagian kawat.


Sponsored Ad

Setelah diteliti, ternyata mereka menemukan kalau baterai ini dalam 3 bulan dan sudah diisi ulang selama lebih dari 20.000 kali, tapi kemampuan dan daya baterainya sama sekali tidak berubah. Baterai jenis ini kalau digunakan di handphone atau laptop, ternyata bisa tahan selama 400 tahun tanpa perlu ganti!


Seorang dosen bernama Reginald Penner mengungkapkan kalau ini benar-benar sangat luar biasa, biasanya baterai akan menurun kualitasnya setelah diisi ulang 5-6000 kali,  7000 kali itu sudah merupakan batasannya.


Sponsored Ad

Tim ini juga masih belum bisa menjelaskan kenapa cairan elektrolit khusus yang digabung dengan kawat nano emas bisa menghasilkan baterai seperti ini. Tapi kawat nano emas ini harganya mahal, jadi kalau baterai seperti ini mau diproduksi dalam jumlah banyak dan dijual, mungkin masih perlu mencari bahan pengganti dari kawat nano emas ini. Tapi penemuan ini saja sudah bisa dibilang sangat luar biasa lho!



Sponsored Ad