Yuk Perbanyak makan 3 Macam Sayur yang Paling Ampuh Membasmi Kanker!!!

Wah kudu sekarang di praktekan nih
Sponsored Ad

3 sayur ini sering kita jumpai di berbagai macam masakan, yaitu kucai, bawang putih dan daun bawang, 3 sayur ini sangat wangi dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Sponsored Ad

1.  Kucai

Selain ada kandungan protein, lemak, dan karbohidrat, kucai juga mengandung banyak mineral dan vitamin A, 235mg karoten, 1410mg potassium.

Manfaat dari vitamin itu sendiri adalah bagus untuk mata dan membuat mata tak mudah lelah, makanan yang sangat cocok untuk orang yang sebagian besar waktunya duduk di depan computer. Dan manfaat dari karoten adalah untuk kekebalan tubuh dan imunitas, serta mencegah tumor dan menunda proses penuaan dini! Flavonoid dan sulfur yang terdapat pada kucai juga dapat mencegah dan memperkecil perkembangan dari berbagai macam penyakit kanker, dan dapat melawan radikal bebas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

-Cara memasaknya, bisa digoreng atau ditumis

-Kualitas kucai yang baik adalah kucai yang dipanen saat musim semi, bukan musim panas.

-Kucai tidak boleh dimasak 2x, atau dibiarkan di suhu normal semalaman.

-Memasak kucai ditambah udang, bisa meningkatkan kadar protein dan melancarkan buang air besar.

2.  Bawang Putih

Bawang Putih memiliki kandungan zat allicin yang merupakan salah satu komponen biologis aktif utama bagi kesehatan tubuh. Riset membuktikan bawang putih dapat, menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker, anti bakteri dan antioksidan. Kandungan diallyl sulfide yang terdapat dalam bawang putih dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Banyak orang yang tidak ingin makan bawang putih, karena bawang putih bisa menyebabkan bau badan dan bau mulut, tapi justru bawang putihlah obat yang ampuh bagi kesehatan. Bawang putih lebih berkhasiat jika disantap pada pagi dan siang hari, karena pada malam hari bisa menyebabkan sakit maag dan baunya sangat menusuk hidung.

Sponsored Ad

3.  Daun Bawang

Merupakan salah satu jenis dari spesies Allium. Daun bawang harus dibilas dengan air untuk menghilangkan kotoran dan debu serta pestisida, setelah itu baru bisa dikonsumsi sebagai obat-obatan. Manfaat yang dikandung daun bawang ini sangatlah beragam, dimulai dari :

1. KESEHATAN MATA

Daun bawang menghasilkan protein yang disebut rhodopsin dan vitamin A yang sangat penting bagi mata, khususnya pada bagian retina untuk menyerap lebih banyak cahaya, sehingga akan mencegah rabun malam dan juga dapat mempertajam penglihatan Anda. Sedangkan vitamin A dalam daun bawang juga akan melindungi mata dari berbagai gangguan seperti katarak dan ulkus kornea.

2. IMUNITAS TUBUH

Daun bawang memiliki kandungan flavonoid seperti antosianin dan quercetin  serta phytochemical di dalamnya, yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

3. MENCEGAH KANKER

Daun bawang mengandung  flavonoid yang berfungsi mencegah kanker dengan cara menghambat enzim yang akan melepaskan radikal bebas dalam tubuh kita yang akan melakukan beberapa kerusakan pada DNA. Selain itu, kombinasi Vitamin A dan jenis flavonoid seperti lutein, karoten, dan zeaxanthine akan sangat baik untuk melindungi kita dari kanker paru-paru.

4. KESEHATAN JANTUNG

Daun bawang juga banyak mengandung vitamin C. Vitamin A dan C ini dikenal sebagai  antioksidan yang akan bermanfaat untuk melindungi kesehatan jaringan selular dan DNA karena antioksidan akan melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam daun bawang juga akan mengurangi tekanan darah tinggi, yang kemudian akan meperkecil resiko terkena penyakit jantung.

Dan masih banyak khasiat lainnya seperti: meningkatkan kekuatan tulang, kesehatan pembuluh darah, mengobati dan mencegah penyakit diabetes, mencegah obesitas, mengobati anemia/ kurang darah.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah

Daun bawang dapat ditempatkan di kantong plastic/ dibungkus dengan kertas tebal dan disimpan dalam lemari es (maksimal dalam kurun waktu 5 hari).


Inilah beberapa khasiat yang dimiliki oleh 3 sayur di atas, yang mungkin sangat dihindari oleh sebagian orang karena saat di konsumsi memang bisa berefek pada bau mulut maupun bau badan. Namun, ternyata sayuran yang kelihatan tak memiliki keistimewaan tersebut sangat kaya khasiat dan manfaat sehingga mengonsumsinya secara teratur akan memberikan dampak kesehata. Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya kalau kita mencoba membiasakan diri menjadikan 3 sayur ampuh tadi sebagai makanan untuk kesehatan.

Sponsored Ad