Ternyata Istana Negara Berubah Banyak Banget Sebelum dan Sesudah Presiden Jokowi, Nih Liat "8 Perbedaannya"!!

Wah jadi pengen juga ngeliat istana negara langsung…
Sponsored Ad

Apa sih yang pertama kali terbesit di benak kamu kalau ngedenger 「Istana negara」?? Pastinya gedung megah dengan pengamanan tingkat tinggi dan diisi orang penting yang selalu mengadakan acara-acara serius kenegaraan kan? Memang sih kayak gitu, tapi itu dulu! Sekarang, banyak perubahan di istana negara lho! Presiden Jokowi udah menyulap tempat ini jadi berbeda lhoo…


1. Lukisan-lukisan bernilai sejarah ini dulu hanya disimpan saja, tapi kini Pak Jokowi memamerkannya untuk masyarakat umum, supaya semua orang juga bisa melihat dan mengapresiasinya. Baru sekarang kan tahu kalau istana negara ternyata punya koleksi lukisan-lukisan yang bernilai sejarah!

Sponsored Ad

2. Kalau dulu yang datang upacara di dalam istana 70% adalah para pejabat, kini 70% adalah masyarakat umum, sisanya baru pejabat. Upacara 17 Agustus di istana negara jadi berbeda banget lho! Masyarakat bisa lebih deket sama presidennya, bahkan bisa berjabat tangan sama pak presiden..


3. Kalau dulu pasukan penjaga istana terlihat garang dan nyeremin, kini udah bisa diajak selfie lho! Pasukan ini ternyata baik-baik lho! Mereka ramah dan pastinya nggak akan nolak kamu ajak foto bareng..


Sponsored Ad

4. Kalau dulu ada tamu kenegaraan, pasti mereka mengadakan pertemuan di dalam istana dan harus dijaga ketat, tapi sekarang bisa ngobrol di beranda istana sambil lihat kebun hijau. Pak Jokowi menyebutnya Veranda Talk. Hal ini membuat setiap hal jadi transparant dan terlihat oleh masyarakat.


5. Dulu nggak semua orang bisa masuk ke istana negara, kamu harus cukup penting untuk bisa melakukannya. Tapi sekarang Pak Jokowi bersahabat banget sama rakyat. Kiai, pelawak, artis, sopir gojek, pedagang kaki lima dan yang lainnya semua pernah diundang Pak Jokowi datang ke istana. Barangkali abis ini kamu yang diundang?


Sponsored Ad

6. Kalau dulu serah terima bendera pusaka hanya di dalam istana, kini diarak dengan kereta kencana lho! Pak Jokowi mengubah ritual ini supaya kita bisa lebih menghormati bendera pusaka kita!


7. Tamu negara dulu cuman disambut di tangga istana aja, tapi sekarang tamu negara disambut dengan parade kebudaaan Indonesia!


8. Kalau dulu pelantikan gubernul terkesan formal banget di dalam istana, sekarang mereka diarak dengan lagu kebangsaan sebelum dilantik. Pastinya keren banget yah dinyanyiin paduan suara lagu nasional kayak gitu..


Pemimpin rakyat memang sudah seharusnya merakyat. Perubahan-perubahan ini justru semakin membuat kita merasa kalau pemimpin kita memang ramah. Gimana menurut kamu? Apa kamu juga ngerasa sekarang istana negara jauh lebih hidup??

Sponsored Ad