Saking Detilnya Kotak Kayu Misterius Abad ke-16 Ini Sampai Mata Manusia Gak Sanggup Melihat Jelas, Waktu Diliat di Mikroskop… Cuman Bisa Takjub!!

Ini hampir mustahil dibuat sama manusia ini!!
Sponsored Ad

Di abad 16 lalu, dibuat sejumlah karya seni yang disebut dengan "Boxwood Carvings". Karya seni yang berhasil bikin banyak orang takjub ini sekarang hanya tersisa 135 kotak, dan yang sangat menakjubkannya adalah detil yang amat luat biasa dalam versi super mini!

Sponsored Ad

Semua karya ini dibuat di tahun 1500-1530an di daerah Flemish atau Belanda.


Sponsored Ad

Karyanya yang luar luar biasa detil di sebatang kayu yang sangat kecil ini benar-benar di luar akal sehat.


Karena hal itulah, banyak peneliti yang menggunakan mikro tomography scanning dan perangkat analisis 3D untuk meneliti bagaimana mereka bekerja dibalik karya luar biasa ini.


Sponsored Ad

Ajaib banget kan gimana di abad 16 mereka udah bisa membuat karya kayak begini.


Mereka menemukan untuk melihat sampai ke yang paling detil dari karya ini memerlukan mikroskop atau X-ray lho!


Sponsored Ad

Karena ketajaman dari karya ini ternyata lebih tajam dari ujung rumput lho!


Jadi sangat sulit untuk melihat detail karya ini bahkan setelah menggunakan teknologi sekalipun.


Semua karya seni ini lahir karena ekonomi eropa yang membuat banyak orang ingin memiliki ukiran keagamaan yang bisa dibawa kemana-mana.


Sayangnya setelah reformasi agama, semua karya-karya ini sudah tidak dibuat lagi.


Coba liat deh video ini!

Keren pake banget yah! Nggak ngerti lagi mereka pake apa yah bikin semua ini??

Sponsored Ad