Ternyata AC Pakai "Mode" Ini Baru Hemat Listrik dan Sejuk! 90% Orang Tidak Tahu Fungsi dari Mode Ini!

Oh begini toh ternyata.... Sudah tahu deh...!
Sponsored Ad

Negara sepanas Indonesia, pasti dong rata - rata kita semua pakai AC untuk mendinginkan ruangan bukan? Masalah terbesar sekarang adalah, biaya listrik AC mahal sekali!

Sponsored Ad

Tapi tahukah kamu kalau AC kita memiliki fungsi yang hemat listrik?

Ganti mode 'Cool' ke 'Dry'! Cara ini dilakukan agar AC otomatis menjaga kelembapan ruangan kita. Tidak hanya membuang kelembapan, juga menjaga suhu udara kamar menjadi adem.


Benarkah demikian?

Sponsored Ad

Ketika udara lembap, suhu tubuh kita akan merasa gerah. Karena itulah, mode 'Dry' akan memberikan khasiat yang ajaib. Mode 'Dry' akan menjalankan AC pada suhu yang stabil, sirkulasi angin yang tidak putus, dan mengeringkan kamar dengan suhu yang dingin.


Sedangkan mode 'Cool', kompresor dan mesin angin akan bekerja bersamaan dan jika berjalan tanpa henti, maka tidak hanya listrik yang habis, ruangan juga aka nterasa lembap.


Ketika udara sudah kering, AC yang tersetel dengan mode 'Dry' akan otomatis berubah menjadi mode meniup angin dingin tanpa menjalankan kompresor. Dengan kata lain, tidak perlu menggunakan banyak listrik untuk menjalankan AC.


Namun, dengan begini aja gak cukup buat menghemat listrik!

Life Hack untuk menghemat listrik 

1. Jangan tutup AC kalau hanya keluar sebentar

Mitos : Keluar bentar, tutup AC ah biar hemat!

Fakta : Ini salah! Tidak hanya meningkatkan resiko mesin rusak, juga boros listrik! Ketika membuka AC pertama kali, AC memerlukan 500 - 1000 watt listrik, dengan kata lain, gede listriknya!

Sponsored Ad

2. Suhu AC lebih rendah lebih baik

Mitos : Semakin rendah semakin baik

Fakta : Salah! Setiap suhu tubuh seseorang itu berbeda - beda. Kepengapan seseorang itu tergantung dari tingkat kelembapan, sirkulasi udara, dan suhu tubuh. Dari perhitungan tersebut barulah kita bisa mendapatkan suhu yang pas pada tubuh kita. Biasanya, suhu kamar dengan luar harus diberi jarak 5 - 6 derajat celcius, jika tidak, tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita.

3. Mode Auto Lebih Hemat

Mitos : Jangan pake mode Auto. Boros!

Fakta : Siapa bilang!? Justru mode 'Auto' akan membantumu mengatur suhu jika suhu ruangan sudah sejuk. Lebih hemat listrik tentunya.

Sponsored Ad

4. Pakai kipas angin? Ngapain?

Mitos : Boros - borosin aja

Fakta : Gak seperti itu! Untuk mempercepat kesejukan ruangan, sirkulasi udara harus stabil dan itu dapat dibantu oleh kipas angin. Jika AC kita pada mode 'Auto', ditambah dengan kipas angin, maka dengan cepat AC kita akan masuk ke mode 'Save Energy' yang dimana akan hemat listrik.

5. Pakai fungsi Overnight

Mitos : Buka AC tanpa mengaktifkan mode apapun semalam suntuk

Fakta : Ketika tidur, suhu tubuh kita akan menurun beberapa derajat celcius. Aktifkan fungsi 'Overnight' dan AC akan mengatur hemat energi hingga 20%.

6. Bersihkan Filter AC

Mitos : Bersihkan filter AC setahun sekali aja

Fakta : Salah! Filter AC bisa kita bersihkan sendiri. Disarankan setengah bulan sekali, bersihkan filter AC. Tidak menjaga ketahanakan AC, juga menjaga kesehatan tubuh kita!

Jadi teman - teman, masih tunggu apa lagi? Dicoba ya hari ini juga!


sumber : pxpo


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad