Awas!! "Hitam-Hitam" di Sela-sela Gigi Merupakan "Pertanda Buruk"!! Kalau Dibiarin, Nanti Gigi Kamu "Rontok" Semua!!!

Muda-muda sudah ompong! Jangan mau dong!
Sponsored Ad

Pernahkah kamu perhatikan sela gigimu? Bila ada bercak-bercak hitam atau kekuningan, mungkin kamu harus lebih rajin memperhatikan kesehatan gigi!

Sponsored Ad

Sela gigi yang menghitam merupakan tanda-tanda gigi sudah mulai rusak dan apabila dibiarkan akan mengakibatkan lubang pada gigi. Sela gigi memang menjadi tempat bakteri sering bertumbuh dan berkembang biak, karena sikat gigi tidak dapat mencapainya. Sisa-sisa makanan yang tertinggal atau terselip pada sela gigi akan berubah menjadi zat asam dan mengikis lapisan luar gigi. Bila tidak cepat dicegah akan mengakibatkan kerusakan permanen pada gigi.

Untuk menghilangkannya, pertama-tama bagian sela gigi yang telah rusak harus dikikis terlebih dahulu dan diberi obat, lalu ditambal dengan resin. Tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Walaupun bercak hitam bisa hilang, namun ketahanan resin tidaklah permanen dan bekas tambalan juga akan terlihat jelas oleh mata.

 

Sponsored Ad

Jika ingin hasil yang lebih bagus bisa dilakukan prosedur gigi porselain. Hasilnya akan menyerupai gigi asli, cuma biayanya tergolong lebih mahal dan salah satu lapisan gigi akan dilunturkan. Bila tidak begitu mementingkan kecantikan, maka disarankan lebih baik menggunakan prosedur resin saja.

 

Ingat yah! Rajin menggosok gigi saja tidak cukup! Sisa-sisa makanan di sela-sela gigi hanya bisa dibersihkan dengan dental floss atau benang yang disebut dengan "flossing". Bukan hanya bisa membersihkan sisa makanan saja, namun dapat mencegah menumpuknya bakteri dan plak yang tak terjangkau oleh sikat gigi! Flossing paling baik dilakukan setelah makan dan sebelum tidur! Dijamin gigi kamu akan tetap bagus dan awet walau sudah kakek-kakek atau nenek-nenek!


Sumber: How


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad