Sekarang Udah Gak Perlu Lagi ke Panti Pijat! Tinggal Pake 2 Biji "Bola Tenis" Ini Aja Udah Bisa Membantumu Merilekskan Badanmu yang Pegel Loh!!

Buat sering pegel-pegel badannya, harus baca deh artikel yang satu ini!
Sponsored Ad

Sobat Cerpen sering gak sih merasa badannya pegel di bagian punggung, bahu, ataupun pinggang sehabis bekerja ataupun melakukan aktivitas seharian? Buat kamu yang sering beraktivitas dari pagi, siang dan malam pasti gak jarang deh mengalami pegel di bagian yang barusan Mimin sebutin, bukan? Walaupun kamu sudah melakukan peregangan, berendam di air hangat, berolahraga ringan, bahkan pergi ke panti pijat untuk sekedar merilekskan badanmu, tapi gak berapa lama kemudian, rasa pegel itu malah kembali menyerang. Terus gimana dong caranya supaya rasa pegel ini bisa hilang selamanya, tapi gak perlu keluar biaya yang fantastis? Hari ini Mimin Cerpen bakalan bagiin beberapa tips unik untuk menghilangkan pegel-pegel di badanmu hanya dengan menggunakan dua biji bola tennis! Penasaran? Yuk kita lihat aja caranya di bawah ini!

Sponsored Ad

Usahakan untuk menggunakan bola tennis ya untuk melakukan latihan ini. Jika kamu tidak ada bola tennis, kamu juga bisa menggunakan bola karet yang cukup elastis dan tidak terlalu keras. Setelah itu kamu bisa menggunakan matras dan memulai latihan ini.

1. Sakit punggung

Untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh duduk ataupun berdiri dalam waktu yang cukup panjang, kamu bisa mencoba gerakan ini. Letakkan dua biji bola tennis ini di antara tulang ekor serta tulang punggungmu. Kemudian perlahan gerakkan tubuhmu ke arah bawah sehingga kedua bola ini memijit bagian pinggangmu dengan bergulir dan gerakkan kembali tubuhmu ke arah punggung bawahmu. Kamu juga bisa memasukkan bola tennis ini ke dalam kaos kaki sehingga ketika kamu melakukan gerakan ini, bola tennis tersebut gak terlalu licin. Ulangi gerakan ini selama 5 menit sambil menarik napas panjang dan perlahan kamu akan mulai merasakan bagian yang pegal sedikit demi sedikit mulai hilang.


2. Sakit leher

Buat kamu yang sering merasa pegal karena melihat komputer terlalu lama, kamu harus coba gerakan yang satu ini! Tidurlah terlentang dengan punggung menempel di atas lantai dan taruh kedua bola tennis ini ke tulang lehermu. Pertahankan posisi ini selama satu menit dan ubah posisi bola tersebut ke arah atas ataupun bawah dan pertahankan selama satu menit lagi hingga kamu gak merasa pegel lagi.


Sponsored Ad

3. Sakit pada bagian pinggul

Ketika kamu memakai sepatu heels yang tidak terlalu nyaman ataupun duduk terlalu lama, maka sakit pada bagian pinggul pun gak bisa kamu hindari. Kamu bisa berbaring miring di atas lantai dan taruh bola tennis di bagian panggul sebelah kanan terlebih dahulu. Setelah kamu menemukan keseimbanganmu, kamu bisa melakukan gerakan memutar dengan bola ini sebanyak 12 putaran. Lalu coba ganti ke bagian kiri panggulmu dan ulangi gerakan ini.


4. Sakit pada bahu

Caranya hampir sama dengan yang di atas, kamu hanya perlu berbaring terlentang di atas lantai dan taruh satu bola di bawah bahu kananmu, tepat di bagian atas punggungmu. Setelah itu, gerakan badanmu ke atas dan ke bawah selama 3 menit dan rasakan rasa pegel itu mulai menghilang. Setelah itu, taruh bola ini pada bagian kiri bahumu dan ulangi gerakan ini.

5. Sakit pada lutut

Sakit pada lutut ini bisa jadi disebabkan karena kamu berdiri terlalu lama sehingga bagian lututmu menjadi tegang. Untuk meregangkan bagian lutut, kamu bisa menaruh bola tennis di bagian belakang lutut dan kapit dengan menggunakan kakimu seperti gambar di bawah. Berbaringlah di atas lantai dan pegang bagian kaki bawahmu dengan kedua tanganmu, lalu tekan dengan sedikit tenaga selama 30 detik. Ulangi gerakan ini pada kakimu yang satunya lagi sebanyak 3 set.


Sponsored Ad

6. Kaki yang capek

Jika kamu merasakan capek yang luar biasa pada seluruh kakimu, kamu bisa mengambil sebuah kursi dan bola tennis untuk membantu merilekskan kakimu. Kamu hanya perlu menginjak bola tennis ini dan berdiri di atasnya selama 30-60 detik sambil menarik napas panjang. Supaya kamu bisa tetap menjaga keseimbanganmu, kamu bisa memegang kursi yang ada di depanmu sebagai penopangmu. Setelah semenit berlalu, kamu bisa melakukan gerakan berputar untuk merilekskan kakimu. Ulangi gerakan yang sama pada kaki yang satunya dan rasakan perbedaannya.


7. Sakit pada tangan

Salah satu penyebab sakit pada tangan adalah memegang mouse ataupun keyboard terlalu lama. Untuk merilekskan tanganmu, kamu bisa menaruh tangan kananmu di atas bola tennis dan tangan kirimu di atas tangan kananmu seperti pada gambar. Setelah itu, dengan menggunakan berat badanmu, tekan bola ini ke arah bawah selama satu menit. Setelah itu, kamu bisa melakukan gerakan memutar selama 2-3 detik. Lakukan gerakan ini kembali pada tangan yang satunya.


Mungkin ketika kamu melakukan gerakan ini untuk pertama kali, kamu bakalan merasa gak nyaman banget dan sakit, tetapi setelah kamu melakukannya berkali-kali, kamu akan mulai merasakan manfaatnya nanti. Yuk langsung cepetan coba aja di rumahmu sekarang!!

 

Sumber: Prevention

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad