Cuma dengan "Menekan 4 Titik Ini", Ibu Ini Kadar Kelembaban Tubuhnya Menurun dan Kesehatannya Meningkat Drastis! Ternyata Gampang!

Wow ternyata segampang itu buat sehat!
Sponsored Ad

Sobat Cerpen, kembali lagi di soal kelembaban tubuh, mungkin tidak banyak diantara kita yang tahu mendalam soal kelembaban. Tapi percaya tidak percaya Sobat Cerpen, menurut kedokteran China, kelembaban tubuh yang sangat tinggi sedikit banyak bisa mempengaruhi kesehatan kita lho!

Sponsored Ad

Terus gimana caranya bisa tahu aku punya kelembaban tubuh yang tinggi atau nggak?
1. Lihat bentuk tubuhmu
Kedokteran Chinese mengatakan, "Orang yang terlalu kurus tubuhnya mudah panas, orang yang terlalu gemuk tubuhnya mudah basah." Karena itu untuk teman-teman yang tubuhnya sedikit lebih gemuk, kamu harus lebih berhati-hati. Selain itu orang-orang dengan kelembaban tubuh yang cukup tinggi biasanya mudah terserang edema (pembengkakan di tubuh bagian bawah) dan berat badan yang cukup fluktuatif.


2. Nafsu makan
Orang-orang dengan kelembaban tubuh yang tinggi biasanya memiliki nafsu makan yang sedikit dengan perasaan kembung yang terus ada. Rasa mual juga sering muncul.


3. Mood
Sering mengantuk, malas beraktivitas, kepala sering tegang dan sakit, tubuh terasa berat, sakit otot, ini semua adalah gejala-gejala orang dengan kelembaban tubuh yang tinggi. Sering sesak nafas dan nafasnya berat juga bisa menjadi salah 1 tanda.


4. Kotoran
Kotoran orang-orang dengan kadar kelembaban tubuh yang tinggi biasanya "terlihat" lembek, mudah menempel di kloset dan susah di"flush". Selain itu orang-orang ini juga sering merasa ingin buang air besar walaupun makannya sedikit.


5. Urin
Jumlah urin yang sedikit tapi sangat sering, disertai dengan rasa sakit atau nyeri saat buang air menunjukkan adanya kadar kelembaban yang cukup tinggi.


6. Lidah
Tentu saja menurut kedokteran China, melihat lidah adalah cara akurat untuk menentukan apakah tubuh kita baik-baik saja. Lidah yang pucat, "bergerigi" di bagian pinggir, serta terlihat "berminyak" adalah pertanda tubuh kita rawan flu.

Sponsored Ad

Keempat "katup" kelembaban tubuh yang dipercaya oleh kedokteran Chinese adalah:
1. Paha bagian luar (seperti pada gambar)
Pijat bagian ini dengan jempol atau telunjuk selama 3 menit, kemudian pijat dengan arah memutar searah jarum jam selama 5 menit. Setelah selesai, perut anda akan merasa lebih nyaman, lebih ringan, dan anda mungkin akan batuk dengan sedikit dahak.

2. Paha bagian dalam (seperti pada gambar)
Pijat searah jarum jam selama 5-8 menit. Jangan takut kalau anda merasa nyeri saat dipijat, karena ini pertanda pijatan anda benar. Pemijatan di bagian ini meningkatkan fungsi limpa dan lambung, menghilangkan angin dan kelembaban yang menumpuk dalam tubuh, serta meningkatkan sistem imun tubuh.

Sponsored Ad

3. Ulu hati
Titik ini terletak di perut bagian atas, sedikit diatas pusar.
Pijat searah jarum jam bagian ini selama 2-5 menit. Pemijatan di titik ini berfungsi untuk meningkatkan fungsi limpa dan lambung, mengurangi kelembaban dan angin pada lambung sehingga membuat lambung anda terasa ringan dan sehat. Kalau dilakukan dengan benar, anda mungkin akan bersendawa.

4. Sendi antara lengan bagian atas dan bawah
Posisikan tangan sampai seperti pada gambar, kemudian pijat titik yang dimaksud selama 2-5 menit. Anda akan merasa sedikit nyeri dan kulit anda akan sedikit memerah, tapi ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena dengan ini, kelembaban dan angin yang berlebih dari dalam tubuh anda akan dikeluarkan.

Sponsored Ad

Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa membantu anda dalam mengontrol tingkat kelembaban tubuh:
1. Sup bebek dengan "wintermelon" dan biji jelai

Cara memasaknya antara lain:
a. Ambil setengah ekor bebek, kemudian cuci bersih dan potong dengan potongan yang besar. Tambahkan bawang, jahe iris, 500 gram "wintermelon", dan 30 gram biji jelai.
b. Masukkan bebek ke dalam panci berisi air dingin dan panaskan sampai air mendidih. Setelah mendidih, angkat dagingnya, bersihkan dengan air bersih, dan ganti air yang ada di dalam panci.
3. Tumis bawang dan jahe sampai wangi, kemudian tambahkan potongan bebek yang sudah dimasak tadi. Sembari menumis, panaskan air yang ditambahkan biji jelai selama 1 jam.
4. Tambahkan "wintermelon" dan garam ke dalam air jelai, masak selama 20 menit, kemudian tambahkan hasil tumisan.
Sup ini berguna untuk menambah kebutuhan protein, meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan fungsi limpa serta mengurangi kadar kelembaban dalam tubuh.


2. Bubur Poria (sejenis obat-obatan China)

Bahan yang dibutuhkan: Beras 100 gram, poria bubuk 20 gram, jahe
a. Masak beras dan bubuk poria dengan air yang cukup sampai mendidih, tambahkan jahe sebelum beras berubah menjadi bubur, kemudian tambahkan sedikit garam, aduk sampai rata.
b. Cukup dengan cara mudah ini, anda bisa menikmati bubur yang akan meningkatkan kesehatan anda. Kalau anda kurang terbiasa dengan rasa poria, anda bisa menambahkan sedikit gula merah sebagai penambah rasa.


3. Bubur kacang merah dengan biji jelai

Bahan yang dibutuhkan: Kacang merah, biji jelai, beras, dan beras ketan
a. Cuci bersih kacang merah dan jelai, kemudian rebus biji-bijian yang sudah dibersihkan ini bersamaan sampai lembut. Kemudian ambil beras dan beras ketan, kemudian rendam di dalam air dengan tidak kurang dari 4 jam. Kemudian campurkan semua bahan, panaskan sampai mendidih, kemudian tutup panci setelah matang.
b. Anda bisa menambahkan sedikit gula merah sebagai perasa kalau anda tidak terbiasa dengan rasa biji-bijian tersebut.


Nah gimana Sobat Cerpen? Siap untuk mencoba?


Sumber: How


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad