Hanya Dengan Beberapa "Benda Sedeharna" Ini, Kamu Gak Perlu Lagi Ke Dokter Gigi Untuk Membersihkan "Karang Gigi"! Mulutpun Jadi Gak Bau.

Yuk dicoba!
Sponsored Ad

Meskipun kita setiap hari menggosok gigi, namun karang gigi yang menempel tetap saja sulit untuk dihilangkan. Banyak orang memilih untuk ke dokter gigi dan membersihkan gigi, namun, apakah ada cara lain?

 

Sponsored Ad

Karang gigi biasanya permukaan gigi yang menempel pada kelenjar ludah dan leher gigi. Cara menyikat gigi yang salah atau adanya sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dapat memicu terbentuknya karang gigi. Sisa-sisa makanan pada gigi akan mengeras dan menempel pada permukaan gigi. Karang gigi ini jika dibiarkan dapat menyebabkan terjadinya radang periodontium. Sehingga banyak orang yang membersihkan karang gigi dengan cara ke dokter gigi. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, ternyata ada beberapa cara praktis untuk membersihkan karang gigi!

 

1. Menyikat gigi dengan cuka makan. Gunakan cuka makan yang biasa digunakan dengan takaran secukupnya. Kumur dengan air cuka selama beberapa menit, lalu muntahkan. Setelah itu, gunakan sikat gigi untuk menyikat gigi perlahan-lahan. Setelah selesai, kumur dengan air hangat. Lakukan ini berulangkali secara rutin dan teratur, cara ini dapat membersihkan karang gigi.

 

2. Menggunakan tawas untuk membersihkan karang gigi. Tawas memiliki fungsi antibakteri yang baik. Selain dapat digunakan sebagai insektisida dan penangkal gatal karena lembab, tawas juga dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Gunakan tawas dengan takaran secukupnya, lalu giling menjadi bubuk. Saat menyikat gigi, tuangkan bubuk tawas ke atas sikat gigi, dan lakukan secara rutin.

 

Sponsored Ad

3. Menggunaan gula cokelat (brown sugar). Ambil gula cokelat secukupnya dan masukkan ke mulut. Tahan selama beberapa menit hingga gula meleleh dalam mulut. Setelah gula cokelat dalam mulut sudah menjadi air, gunakan sikat gigi untuk menyikat gigi. Setelah itu, kumur mulut dengan air garam. Lakukan selama beberapa hari untuk membersihkan karang gigi.

 

4. Kulit kenari. Rebus  30-40 gram kulit kenari dengan menggunakan 250 gram air (air harus menutupi kulit kenari) sampai 20 menit. Selanjutnyam tunggu air kenari dingin, lalu rendam sikat gigi dalam air tersebut sampai 10 menut, setelah itu, gunakan sikat gigi tersebut untuk menyikat gigi.

 

Catatan:

Cara diatas adalah cara yang sangat baik untuk menghilangkan karang gigi. Namun jika tidak terlalu berhasil, dianjurkan untuk tetap memeriksakannya ke dokter.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke orang disekitar mu!


sumber: how


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id


Sponsored Ad