"Tidur Miring Kanan" Lebih "Menyehatkan"? Setelah Kamu Baca Ini, Dijamin Bakal Pengen "Tidur Miring Kiri" Terus Deh!

Untung selama ini kebiasaan tidur miring kiri
Sponsored Ad

Banyak perdebatan di internet mengenai posisi tidur mana yang lebih baik, apakah miring ke kanan ataukah miring ke kiri. Para ahli menyarankan untuk tidur miring ke sebelah kiri, sedangkan sebagian orang percaya bahwa tidur miring ke sebelah kanan lebih menyehatkan. Jadi, manakah yang benar?

Sponsored Ad

Dr. John Douillard berpendapat dengan mengacu pada posisi yoga dari Ayurveda kuno bahwa tidur miring ke kiri lebih menyehatkan. Menurutnya, tidur miring ke kiri memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Tulang belakang dan pernafasan

Tidur miring ke kiri dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang. Kemudian, saat tidur miring ke kiri, alur pernafasan kita juga menjadi tidak terhambat.

2. Percernaan

Tidur miring ke kiri dapat mempercepat pencernaan makanan, karena membantu mempercepat aliran makanan dari usus kecil ke usus besar. Bahkan, setelah makan kekenyangan dan kemudian tidur miring ke kiri selama 10 menit, dapat membatu kita lepas dari "food coma".

3. Aliran limfatik

Aliran limfatik dalah sistem yang membantu jaringan dan organ untuk membawa cairan getah bening ke seluruh tubuh, di mana cairan getah bening tersebut berguna untuk memerangi infeksi dan membersihkan tubuh dari racun dan zat berbahaya lainnya. Sebagian besar saluran getah bening manusia berada di sisi kiri tubuh, sehingga dengan tidur miring ke kiri akan mengurangi tekanan dan memperlancar aliran limfatik.

Kalau kamu biasa tidur dengan posisi bagaimana? Setelah membaca ini, coba deh ubah posisi tidur kamu dengan tidur miring ke kiri dan rasakan manfaatnya.


Sumber: healthylnb


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad