​Tangan Tersiram Air Panas "Jangan Panik"! Segera Lakukan "2 Pertolongan Pertama Ini", Dijamin 1 Menit Langsung Reda!

Penting banget!
Sponsored Ad

Pernah gak sobat Cerpen tersiram air panas? Mimin pernah sekali waktu kecil, tapi untung gak parah…


Memang kecelakaan-kecelakaan kecil seperti kadang tidak bisa dihindari. Nah, apabila terjadi, kita harus tahu pertolongan pertama apa yang harus dilakukan! Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan apabila kamu/ada orang terkena air panas! Ayuk simak!

Sponsored Ad

1. Disiram air keran

Siram bagian yang terkena air panas dengan air dingin yang mengalir 15 menit sampai ½ jam. Langkah ini akan menurunkan panas dan mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh air panas.

2. Direndam dengan air dingin

Jika areanya cukup besar, atau lebih parah, dibilas saja tidak akan cukup. Rendamlah dengan air dingin selama 10-30 menit sampai panas terasa mereda.


3. Bila yang tersiram adalah bagian tubuh masih dilapisi pakaian, siram langsung bagian tersebut. Setelah itu, baru buka pakaian dengan hati-hati. Bila ini sulit dilakukan, gunting saja pakaian atau celana yang dipakainya, lalu siram lagi bagian yang terluka itu dengan air dingin.

4. Tutup/balut bagian tubuh yang terluka dengan kain kassa steril untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi. Sebelumnya, oleskan salep khusus untuk luka bakar atau salep antibiotik, contohnya Nutrimoist. Jangan balut luka terlalu kencang, dan balutan harus melebihi bagian yang luka.

Sponsored Ad

Apabila setelah dibilas/direndam air dingin 20 sampai 30 menit lukanya hanya sedikit merah, bengkak, tidak ada lecet/gelembung air atau gelembung airnya kecil, maka itu termasuk tidak parah, tidak perlu ke rumah sakit, cukup dirawat di rumah saja. Tapi, kalau gelembungnya besar, lebih baik periksakan ke dokter. Besar atau kecil, gelembungnya tidak boleh dipecahkan! Kalau dipecahkan bisa-bisa menimbulkan bekas luka permanen! Gelembung kecil biasanya akan menyusut dan hilang sendiri dalam beberapa hari. Bila lukanya memang parah, segeralah ke rumah sakit untuk ditangani pihak dokter.


Ingat! Jangan sembarangan oles dengan minyak, pasta gigi atau yang lainnya karena akan memperparah luka bahkan beresiko terkena infeksi!

Jika sudah terkena air panas maka harus:


1. Usahakan agar area luka tetap bersih dan kering. Luka bakar ringan tidak usah dibalut, biarkan ia terbuka dan kering sendiri supaya lebih cepat sembuh, cuma hati-hati jangan sampai tergores atau terinfeksi.


2. Perhatikan kondisi luka. Apabila muncul rasa sakit yang lebih parah, keluar air, nanah bahkan demam, tandanya sudah terinfeksi, harus segera dibawa ke dokter. Terkadang luka bakar bisa juga memicu komplikasi lainnya, seperti flu atau tidak enak badan. Lebih baik diperiksa ke dokter apabila terjadi.

Sponsored Ad

Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dibuat dalam menangani luka bakar:

1. Mengoles krim atau minyak pada luka

Krim atau minyak tidak bisa menghentikan penyebaran panas, sebaliknya yang perlu kita lakukan adalah pendinginan. Kalau kamu mengoles sesuatu di atas luka, mungkin nantinya akan menunda proses pengobatan saat dibawa ke rumah sakit karena harus dihapus dulu.


2. Pakai es

Tidak boleh langsung pakai es untuk mendinginkan luka bakar, harus pakai air. Es bisa merusak kulit lebih lanjut.


3. Membungkus luka dengan perban

Perban akan menempel pada kulit dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Kalau tidak parah sebaiknya tidak usah ditutup. Bila memang harus ditutup, lebih baik gunakan kantong vakum yang bersih.

Sponsored Ad

Gelembung air

Kalau gelembung airnya sangat kecil, tidak sampai 2 cm, kamu bisa mengolesnya dengan salep, beberapa hari tubuh akan menyerap kembali air tersebut dan gelembung akan kempes sendiri. Kalau gelembungnya besar, kadang dokter akan menusukkan jarum steril sehingga cairan di dalamnya bisa keluar, namun kulit gelembungnya tidak akan dipotong untuk melindungi luka dan mengurangi infeksi.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan bila lukanya belum sembuh:


1. Jangan dirobek/dikopek/dipecahkan

Kulit yang tumbuh di atas luka bakar bertugas melindungi dan membantu penyembuhan kulit, jangan dikelupas secara paksa. Jika belum sepenuhnya sembuh lalu dikopek maka akan menimbulkan bekas luka, warna kulit berbeda bahkan infeksi.


2. Jaga makan

Alkohol, cabai, daging kambing, bawang putih mentah, jahe, mustard, kopi dan makanan pedas lainnya akan menyebabkan luka jadi berbekas, jadi selama belum sembuh harus hindari makanan-makanan ini.


3. Jangan biarkan luka meradang

Luka tidak boleh digaruk, dicuci dengan air panas atau bergesekan dengan pakaian, karena akan menyebabkan infeksi dan menimbulkan bekas luka.

Banyak orang khawatir akan bekas luka. Prinsipnya adalah sebelum pulih total, jangan dicakar atau dikelupas, beri waktu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.


Bagaimana supaya tidak meninggalkan luka bakar?


1. Jaga luka agar tetap bersih. Jangan kena sabun dulu kalau masih perih. Kalau lukanya mau dibersihkan, gunakanlah obat khusus pembersih luka bakar, bisa cari di apotik atau di rumah sakit.


2. Masa pemulihan kulit sebaiknya hindari gesekan yang berlebihan, termasuk saat mengoleskan obat atau salep, harus hati-hati supaya tidak lecet atau melepuh.

Nah, jadi udah tau kan apa yang harus dilakukan bila terkena air panas? Jangan panik! Langsung tolong! Bila di rumah ada anak-anak harus lebih diperhatikan lagi! Semoga bermanfaat bagi sobat cerpen semua!


Sumber: How


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad