Anakmu Kesedak Tulang Ikan? Jangan Tangani Sembarangan! Pakai Cara "Ini", Dijamin 10 Detik Aja Nyawa Anakmu Akan Selamat!

Ayo yang seneng makan ikan, tapi sering keselek tulangnya, sini merapat!
Sponsored Ad

Hayo ngaku, yang senang makan ikan pasti pernah kan kesedek tulang ikan yang kamu makan? Habis kesedek tulang ikan, kamu pasti bingung kan gimana cara ngeluarinnya selain daripada memaksanya untuk ditelan? Ingat ya sobat, jangan pernah telan paksa tulang ikan yang nyangkut di tenggorokanmu! Hari ini Mimin Cerpen bakalan ngajarin kamu beberapa trik untuk mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokanmu dengan mudah!

Sponsored Ad

1.Kalau udah kesedak tulang ikan, jangan buta-butaan buat telan paksa tulang ikan itu ya, sobat! Kalau gak, tulang ikan yang tajam itu malah bisa melukai saluran tenggorokanmu dan paling parah bisa menyebabkan pendarahan di tenggorokanmu. Jadi daripada berusaha menelannya, coba minum air putih karena air putih lebih mudah untuk mengalir ke dalam tenggorokan dan jika tulang ikan yang nyangkut tidak terlalu keras, tulang ikan itu pun bakalan lebih mudah mengalir bersama dengan air putih yang kamu minum.


2. Kalau kamu melihat tulang ikan tersebut ketika kamu membuka mulutmu, kamu bisa menggunakan penjepit kecil untuk mengeluarkannya langsung dari tenggorokanmu.

3. Kalau tulang ikan itu masuk terlalu dalam, kamu bisa coba untuk batuk atau memasukkan jarimu ke bagian lidah paling belakang sehingga kamu bisa memuntahkan tulang ikan tersebut secara paksa.

4. Ada orang yang bilang kalau kesedak, makan roti aja, nanti dia juga turun sendiri. Ingat, jangan telan paksa tulang ikan yang nyangkut itu, karena bisa-bisa malah saluran tenggorokanmu yang terluka!

5. Kalau semua cara di atas udah dilakuin dan masih gak berhasil, coba pergi ke dokter terdekat segera dan biarkan yang ahli membantumu!

Sponsored Ad

Selain dari cara-cara di atas, Mimin juga punya beberapa trik yang lain nih, yuk cekidot!

1. Dimuntahin keluar

Kamu bisa menggunakan sendok atau sumpit untuk menekan bagian lidahmu sehingga kamu merasa seperti mau muntah. Dengan begini, kamu bisa memuntahkannya keluar secara langsung.

2. Diambil sendiri

Kamu bisa meminta tolong orang lain untuk menekan bagian lidahmu dengan sendok dan lihat apakah tulang ikan itu bisa dijangkau dengan penjepit ataupun sumpit.

3. Melenyapkannya.

Kamu bisa menggunakan bawang putih yang telah dikupas kulitnya dan satu sendok gula putih. Taruh bawang putih ini di hidungmu dan hirup baunya bersamaan dengan kamu memakan satu sendok gula putih. Kamu juga boleh memakan kulit jeruk yang berukuran kecil secara perlahan. Hal ini dipercaya dapat melenyapkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokanmu.

4. Melunakkannya.

Kalau tulang ikan yang nyangkut di tenggorokanmu itu cukup kecil, kamu bisa mencoba untuk mengemut vitamin C selama beberapa menit di dalam mulutmu sebelum kamu menelannya. Dengan begitu, tulang ikan tersebut akan melunak dan gak akan melukai saluran tenggorokanmu.

5. Menggunakan ramuan

Persiapkan dulu 10 gram clematis chinesis, 3 buah kayu manis, sedikit gula dan cuka, lalu masak dengan menggunakan air panas. Setelah itu, minum secara perlahan-lahan untuk melunakkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokanmu.

6. Konsultasi ke dokter

Kalau semua cara di atas tidak bisa membuat tulang ikan tersebut keluar dari tenggorokan, segera konsultasikan ke dokter terdekat untuk penanganan yang lebih lanjut ya!


Gimana sobat? Mesti dicatet deh tips di atas supaya lain kali kesedak tulang ikan gak kebingungan lagi! Yuk jangan lupa share ke temanmu ya!


Sumber: How

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad