Para Wanita Hati-hati! Kalau Tubuhmu Sudah Memberikan "4 Ciri Ini", Itu Gejala "Kanker Rahim"! Periksakan Dirimu ke Dokter Secara Rutin!

Wah girls, kita harus selalu waspada lho!
Sponsored Ad

Sobat cerpen, kalau tubuhmu sudah mengeluarkan 4 ciri-ciri di bawah ini, jangan sekali-kali mengabaikannya! Bisa jadi itu adalah gejala dari kanker serviks!

Sponsored Ad

Kanker serviks atau kanker rahim adalah salah satu jenis kanker ganas yang paling umum ditemui oleh dokter kandungan. Biasanya menyerang wanita berusia 50 sampai 55 tahun. Semua orang tahu kalau baru-baru ini, artis tanah air Julia Perez meninggal dunia karena kanker serviks. Kanker ini sendiri termasuk kanker yang ganas dan kalau terlambat ditemukan, maka bisa dengan mudah menyebar ke organ lainnya dan lebih sulit lagi untuk disembuhkan.

Sebenarnya sebelum kanker ini datang, tubuh kita akan menunjukkan beberapa gejalanya, terutama 4 gejala yang patut kamu waspadai ini!


Pertama, Keluar darah

Hal yang paling lazim adalah keluar darah, namun darah yang keluar jika sudah tidak sesuai dengan seharusnya, atau menstruasi bertambah lama atau bertambah jauh lebih banyak dari biasanya, ada baiknya kita memperhatikan lebih lagi.

Sponsored Ad

Kedua, Keluar cairan

Selain darah, tubuh kita masih memungkinkan muncul cairan lainnya, seperti keputihan, atau cairan yang berbau. Kalau ini sering terjadi, bahkan semakin lama semakin parah, kamu juga perlu berkonsultasi ke dokter.


Ketiga, banyaknya buang air kecil

Banyak orang yang seringkali buang air kecil dalam keadaan sangat kebelet. Seringkali hal ini dikira ada masalah dengan saluran air kencing, namun padahal bisa jadi juga berhubungan dengan mulut rahim. Perlu diperhatikan lagi, apalagi kalau kencingmu keluar darah.

Keempat, Sulit BAB

Dengan alasan yang sama, rahim juga berdekatan dengan rektum, jadi kalau ada sesuatu yang terjadi dengan mulut rahim, bisa saja menyebabkan sembelit atau keluar darah saat buang air besar.


Kanker mulut rahim sebenarnya bisa dihindari, asalkan kamu mau dengan teratur terus memeriksakan diri ke dokter. Jangan lupa ya sobat cerpen! Selalu menjaga kesehatan dan memeriksakan diri bila ada sesuatu yang aneh dengan tubuhmu!


sumber : HOW


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad