Orangtua Perlu Catat! Ternyata 6 Hal yang Sering Diabaikan Oleh Orangtua Ini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Anak! #4 Orangtua Selalu Salah Kaprah!

Wah orang tua wajib tahu nih!
Sponsored Ad

Orang tua akan melakukan apapun untuk melihat buah hatinya tersenyum. Namun terkadang, orangtua tanpa sadar malah merugikan anaknya. Berikut adalah beberapa kesalahan orangtua, apakah kamu juga pernah melakukan kesalahan ini:

Sponsored Ad

1. Baby walker

Kanada telah melarang penjualan baby walker karena banyak anak yang cedera ketika menggunakan alat ini. Barang ini dapat membuat penguatan otot tidak rata dan deformasi kaki, selain itu dapat menyebabkan kelainan tulang belakang. Dapat menunda waktu anak berjalan dengan mandiri, bahkan dapat mempengaruhi perkembangan otak anak.

Jika ingin membeli baby walker, gunakan 2 kali sehari dalam pengawasan orang dewasa. Dianjurkan untuk tidak melebihi 15 menit setiap kali penggunaan.


2. Susu sapi dan jus

Kandungan vitamin jus yang yang telah dipasteurisasi rendah, sedangkan kadar gulanya terlalu tinggi, sehingga mudah menimbulkan masalah pada gigi dan obesitas. Sebaiknya beri anak diatas satu tahun minum jus buah segar. Jangan minum jus yang dibeli di supermarket.

Bayi tidak perlu minum susu sapi karena minum terlalu banyak hanya akan merusak ginjal, menyebabkan anemia dan alergi. Anak diatas satu tahun boleh minum susu sapi, namun tidak lebih dari 17oz per harinya.

Sponsored Ad

3. Mainan yang terang dan aneh

Anak-anak prasekolah mengeksplorasi dunia melalu mainan. Mainan yang mengeluarkan suara elektronik, memiliki warna yang tidak alami dan sebagainya dapat mempengaruhi kreativitas mereka. Selain itu, juga dapat mengembangkan karakter agresis, depresi, takut tanpa alasan dan lain-lain. Beri anak bahan mainan yang diproduksi secara alami. Sering temani anak bermain dan menghabiskan waktu dengan buah hatimu.

4. Pakaian hangat

Kemampuan bayi untuk menyesuaikan suhu tubuh relatif buruk. Jika baju terlalu tebal maka bayi akan merasa kepanasan dan keringatan. Memakai pakaian yang terlalu berlebihan akan mempengaruhi anak untuk beradaptasi terhadap cuaca sehingga kekebalannya rendah. Pilihan terbaik adalah memberi anak pakaian yang terbuat dari bahan alami yang dapat bernafas. Jika tanga dan kaki bayi warna pink, maka ia merasa sangat nyaman.

Sponsored Ad

5. Produk elektronik

Layar LED yang menghasilkan lampu biru dapat merusak retina, katarak, bahkan kebutaan. Anak-anak yang lebih menyukai produk elektronik akan cenderung lemah dalam bergerak dan berolahraga. Pada akhirnya, ini akan mempengaruhi bahasa, kepribadian, kemampuan komunikasi dan saat mengambil keputusan.

6. Sabuk pengaman

Sabuk pengaman tertekan terhadap perut dapat membahayakan bayi. Duduk terlalu terlalu menhadap kedepan juga akan menekan bayi. Sebaiknya, jangan naik mobil ketika sedang hamil. Perhatikan penempatan sabuk pengaman, jangan sampai melukai anak.

Semoga artikel ini bermanfaat yah! Jangan lupa untuk di LIKE dan SHARE :)


Sumber: Bomb


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id


Sponsored Ad